Saturday, 05 Dec 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

6 Manfaat Ngulet di Pagi Hari untuk Kesehatan

Dewi Sari - 30/10/2020 07:22

Beritacenter.COM - Kebiasaan ngulet dipagi hari adalah hal yang biasa dilakukan di pagi hari. Tapi tahukah anda ngulet memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut 6 manfaat ngulet untuk kesehtan tubuh kita seperti dilansir dari detik.com.

1. Melemaskan otot dan sendi

Setelah tidur atau duduk selama berjam-jam, tubuh akan mengalami kaku atau tegang. Hal ini diperparah juga dengan kebiasaan atau gaya hidup jarang berolahraga, makan tidak seimbang, suhu ruangan terlalu dingin dan lain sebagainya.

sinyal melalui neuron saraf menuju otak untuk melakukan peregangan. Respons yang diberikan adalah ngulet. Untuk itu, ngulet berfungsi untuk melemaskan otot dan sendi yang telalu kaku atau tegang.

2. Meningkatkan suhu tubuh

Selama tidur, suhu tubuh akan menurun hingga mencapai 35 derajat celsius. Suhu normal tubuh manusia bekisar antara 37 -38 derajat celsius. Maka dari itu, untuk meningkatkan suhu tubuh, otak memberikan ransangan untuk mengulet. Mengulet bisa membantu menghangatkan tubuh supaya lebih segar.

3. Melancarkan peredaran darah

Terlalu lama duduk atau berbaring membuat peredaran darah menjadi terhambat. Salah satu contohnya misalnya mata yang berkunang-kunang saat beranjak bangun. Hal ini terjadi ketik peredaran darah terhambat.

Untuk itu, ngulet membantu untuk melancarkan peredaran darah dan cairan tubuh sehingga lebih merasa lebih segar karena otot serta otak mendapat asupan oksigen yang cukup untuk bekerja seharian.

4. Memacu kemampuan kognitif

Menurut American College of Sports Medicine, peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak. Ketika aliran darah lancar, tingkat konsentrasi serta ketajaman pancaindra pun akan semakin tinggi.

5. Melepas stres

Sebuah studi yang menganalisis mengenai kebiasaan ngulet dengan tingkat stres menemukan bahwa mengulet bisa membantu mengusir stres. Tak hanya itu, ngulet juga membantu untuk mengurangi ketegangan atau gugup. Ketika mengulet, tubuh memproduksi zat endorfin yang akan memicu rasa senang dan pikiran yang positif. Selain itu, setelah ngulet juga akan terasa lebih berstamina untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesibukan harian.

6. Meredakan nyeri sendi

American Council on Exercise (ACE) dalam penelitiannya menunjukkan bahwa ngulet pada pagi hari bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada otot dan sendi. Rasa sakit dan nyeri bisa berkembang setiap saat sepanjang hari, tetapi lebih sering terjadi pada pagi hari setelah tubuh beristirahat dalam jangka waktu lama.

Kondisi tersebut terjadi akibat peningkatan cairan di sendiri dan tulang belakang cakram selama tidur semalaman, saat tubuh tidur dalam posisi horizontal. Karenanya, disarankan untuk melakukan peregangan lembut untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan sendi.




Berita Lainnya

5 Bahan Alami Penurun Asam Urat

03/12/2020 21:20 - Anas Baidowi

5 Manfaat Konsumsi Sirsak untuk Kesehatan

02/12/2020 15:35 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA