Friday, 27 Nov 2020
Temukan Kami di :
News

Punya Tanggungan Ratusan Santri, Kuasa Hukum Minta Gus Nur Tak Ditahan

Anas Baidowi - 26/10/2020 22:45 Sugik Nur Raharja alias Gus Nur

Beritacenter.COM - Kuasa hukum tersangka Sugik Nur Raharja alias Gus Nur, Chandra Purna Irawan mengajukan penangguhan penahanan ke Bareskrim Polri hari ini, Senin (26/10/2020).

"Kita telah menyampaikan kepada penyidik meminta agar ustadz Gus Nur tidak ditahan," kata Chandra dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

"Dikarenakan tadi malam tidak dikabulkan, maka kami kuasa hukum akan mengajukan surat penanggung penahanan," sambungnya.

Penangguhan tersebut dikarenakan tersangka Sugik Nur Raharja atau Gus Nur masih mempunyai tanggungan ratusan santr yang harus diberi makan.

"Ustadz Gus Nur memiliki santri-santri yang perlu untuk diperhatikan dari sisi pembinaan mengaji Al-Qur'an, nafkah dan operasional pesantren. Karena santri-santri dan operasional pesantren selama ini yang membiayai adalah ustadz Gus Nur," ucap Chandra.

Selain itu, ada pihak yang bersedia menjadi penjamin penangguhan penahanan terhadap tersangka Sugik Nur Raharja atau Gus Nur tersebut.

"Pihak keluarga dan para alim ulama serta tokoh-tokoh masyarakat bersedia untuk menjadi penjamin," tuturnya.

"Dan Ustadz Gus Nur bersikap kooperatif," tambah dia.

Sebelumnya, Sugi Nur Raharja atau yang akrab disapa Gus Nur Ditangkap Bareskrim Polri pada Sabtu (24/10/2020).

Gus Nur ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penyebaran ujaran kebencian soal penghinaan terhadap Nahdlatul Ulama (NU) dalam pernyataannya di akun youtube milik Refly Harun.

"Ya betul, atas laporan dari NU dan sedang dalam perjalanan dibawa ke sini (Gedung Bareskrim Polri)," ujar Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat dihubungi pada Sabtu, (24/10/2020).

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA