Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kamu Penderita Diabetes ? Coba Hindari 5 Buah ini

Dewi Sari - 21/10/2020 09:45

Beritacenter.COM - Penyakit diabetes merupakan penyakit yang mematikan. Penyakit ini biasanya harus pandai memilih makanan apalagi pantang memakan dengan rasa yang manis atau glukosa.

Penderita diabetes perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi guna membantu mengurangi penyakit diabetes ini.

Menambahkan buah-buahan ke dalam makanan Anda dapat memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan dalam bentuk vitamin esensial, karbohidrat, dan mineral. Di sisi lain, penderita diabetes perlu membuat beberapa pilihan, hati-hati saat makan buah. Meskipun buah-buahan baik untuk kesehatan kita, buah-buahan tertentu dapat berbahaya bagi penderita diabetes.

Berikut 5 buah yang wajib dihindari bagi pengguna diabetes seperti dilansir dari boldsky.

1. Mangga

Meskipun 'Raja Buah' adalah salah satu buah terlezat di dunia, buah ini harus dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi secara teratur dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berkepanjangan. Setiap 100 g mangga memiliki sekitar 14 g kandungan gula, yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.

2. Sapota (sawo)

Sapota juga dikenal sebagai sawo, buah ini mengandung sekitar 7 g gula dalam setiap 100 g 1 porsi. Nilai indeks glikemik (GI) (55) buah, serta kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, bisa sangat berbahaya bagi seseorang yang menderita diabetes.

3. Anggur

Anggur yang kaya akan serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya, anggur juga mengandung jumlah gula yang baik. Anggur tidak boleh ditambahkan ke makanan penderita diabetes karena 85 g anggur dapat mengandung karbohidrat setinggi 15 g.

4. Aprikot Kering

Aprikot segar dapat ditambahkan ke diet diabetes. Namun, seseorang tidak boleh mengonsumsi buah-buahan olahan seperti aprikot kering. Satu cangkir bagian aprikot segar memiliki 74 kalori dan 14,5 g gula alami.

5. Buah Plum kering

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dengan nilai GI 103, plum mengandung 24 g karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir.

 




Berita Lainnya

5 Bahan Alami Penurun Asam Urat

03/12/2020 21:20 - Anas Baidowi

5 Manfaat Konsumsi Sirsak untuk Kesehatan

02/12/2020 15:35 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA