Friday, 23 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Menteri Edhy Optimis Sektor Perikanan dan Kelautan jadi Solusi Mengatasi Pandemi

Dewi Sari - 16/10/2020 18:21

Beritacenter.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo optimis bahwa komoditas sektor perikanan dan kelautan menjadi solusi untuk mengatasi dampak pandemi. Hal itu disampaikan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada hari ini (16 Oktober) sekaligus juga turut menghormati Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

"Hari ini momentum yang baik, untuk meyakinkan kita bahwa dalam menghadapi sulitnya situasi dan kondisi akibat pandemi Covid-19, saya optimistis komoditas perikanan dan kelautan adalah solusinya," ujar Edhy dalam Webinar di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Edhy menuturkan sektor kelautan dan perikanan menjadi kebutuhan pangan dan gizi bagi masyarakat Indonesia. Sektor ini juga dinilai sangat baik kedepannya.

"Sektor ini bisa menjadi andalan dalam menciptakan lapangan kerja dan menambahkan devisa negara," tambahnya.

Edhy menambahkan, saat ini memang hampir semua negara mengalami masa sulit karena imbas pandemi yang menghantam, bukan hanya sektor kesehatan, tapi juga ekonomi dan aspek sosial.

Permintaan akan hasil perikanan Indonesia yang tinggi di pasar internasional juga menjadi alasan di balik optimismenya Edhy. " Ada peningkatan ekspor sebesar 6,9% pada semester I 2020 senilai USD2,4 miliar," ucapnya.

Edhy mengatakan Indonesia dianugerahi sumber daya ikan yang sangat melimpah. Hal ini terbukti dengan potensinya yang mencapai 12,5 juta ton per tahun. Tidak hanya itu, lahan budi dayanya pun lebih luas dari 4,5 juta

"Sayang, hasilnya belum optimal. Maka dari itu saya rutin membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan produksi sektor perikanan," ungkapnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA