Friday, 23 Oct 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Hindari Makanan Ini Jika Ingin Jantung Anda Sehat

Baharuddin Kamal - 14/10/2020 02:15

Beritacenter.COM - Pola makan memiliki peran penting dalam kesehatan jantung kita. Menurut American Heart Association, kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung yang optimal.

“Orang dewasa direkomendasikan makan makanan sehat yang menekankan pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, nabati tanpa lemak atau protein hewani, dan ikan,” kata profesor nutrisi di Penn State dan rekan dari American Heart Association, Penny Kris-Etherton, PhD, RD, dilansir di laman Real Simple, Selasa (13/10).

Makanan yang kita makan, kata dia, memiliki efek langsung pada tekanan darah. Bahkan, makanan yang kita makan juga membantu menentukan bagaimana darah membeku.

Penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung yang berkorelasi erat dengan apa yang kita makan. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan tinggi serat dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.

Lalu, apa saja makanan yang harus kita hindari untuk kita konsumsi secara berlebihan demi kesehatan jantung kita? Menurut Kris-Etherton, kita harus membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol makanan, lemak trans, natrium (garam), daging olahan, karbohidrat olahan, dan minuman yang dimaniskan dengan gula.

"Lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kolesterol LDL, dan natrium meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke," jelas Kris-Etherton.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA