Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
News

Polisi Ingatkan Warga soal Sanksi Pidana Penjara Bagi yang Sembunyikan Cai Changpun

Aisyah Isyana - 04/10/2020 21:45

Beritacenter.COM - Polisi masih terus melakukan perncarian terhadap Cai Changpan, narapidana yang kabur dari Lapas Tangerang. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengingatkan soal sanksi pidana bagi pihak yang membantu menyembunyikan Cai Changpan.

Yusri menyebut hal itu diatur dalam Pasal Pasal 223 KUHP. Dia mewanti-wanti soal sanksi pidana dua tahun penjara bagi warga yang nekat membantu menyembunyikan gembong narkoba tersebut.

Baca juga :

"Iya benar. Itu pasal 223 KUHP. Ancamannya dua tahun penjara ya," kata Yusri dihubungi wartawan, Minggu (4/10/2020).

Adapun bunyi Pasal 223 KUHP, yakni : Barangsiapa dengan sengaja melepaskan atau menolong orang waktu melepaskan diri, yang ditahan atas perintah kuasa umum atau karena keputusan atau atas perintah hakim, dihukum penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan.

Yusri menyebut polisi masih melakukan perburuan terhadap Cai Changpan yang diduga masih berada di sekitara wilayah hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Pihak keluarga Cai Changpan yang tinggal di daerah Tenjo juga sudah diperiksa polisi.

Sejauh ini, polisi tak menemukan adanya indikasi keterlibatan pihak keluarga dalam upaya menyembunyikan Cai Changpan. Yusri juga menyebut istri Cai Changpang juga kooperatif saat diperiksa polisi.

"Dia (istri Cai Changpan) kooperatif. Kalau dia sembunyikan suaminya dia bisa kena (sanksi pidana). Kalau dia kan ke sana datang terus pergi lagi, dan diakui sama istrinya," terang Yusri.

Sekedar diketahui, Cai Changpan yang merupakan napi narkoba Lapas Tangerang, dilaporkan kabur dari sel tahanannya, Senin (14/9). Gembong narkoba itu kabur dengan menggali lubang di dalam selnya yang terhubung menuju parit. Dia menggali selama 8 bulan lamanya.

Polisi mendugga ada sejumlah kejanggalan terkait kaburnya Cai Changpan dari sel Lapas Tangerang. Alhasil, pemeriksaan terhadap sejumlah petugas lapas pun dilakukan. Terbaru, polisi menyebut ada dua petugas lapas yang teridikasi terlibat dalam kaburnya Cai Changpan.

Guna menentukan status kedua petugas lapas itu, polisi akan segera melakukan gelar perkara dalam waktu dekat. Sejauh ini, polisi menduga jika Cai Changpan masih berada di wilayah hutan Tenjo, Bogor. Jajaran Brimob Polda Metro Jaya diterjunkan guna menelusuri napi warga negara China tersebut.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA