Thursday, 29 Oct 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Sah! Pemerintah Tetapkan Tarif Tes Swab Mandiri Maksimal Rp 900 Ribu

Anas Baidowi - 02/10/2020 17:00 Pengujian PCR

Beritacenter.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan tarif maksimal pengujian PCR atau tes swab mandiri, yakni di harga Rp 900 ribu.

"Tim kemenkes dan BPKN menyetujui batas tertinggi swab yang bisa kami pertanggungjawabkan kepada masyarakat yaitu Rp 900 ribu "ujar Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Abdul Kadir dalam konferensi persnya di kanal Youtube Kementerian Kesehatan, pada Jumat (2/10/2020).

Yang menjadi acuan dalam perhitungan tarif maksimal komponen dari tes swab itu sendiri yang terdiri atas jasa SDM, jasa pelayanan dokter, ekstraksi, pengambilan sampel.

Harga acuan tersebut ditujukan untuk masyarakat yang ingin melakukan tes mandiri. Sedangkan untuk tes swab yang telah mendapat rujukan dari rumah sakit atau dari kontak racing akan ditanggung pemerintah.

Sebelumnya harga swab test mandiri bisa mencapai sepuluh kali lipat dibandingn dengan rapid test, yakni berkisar Rp 1,5 juta-Rp 4 juta, tergantung waktu tunggu hasil tes yang didapatkan.

Untuk itu pemerintah melakukan pengaturan tarif test swab mandiri tersebut, karena animo masyarakat untuk melakukan tes mandiri sebenarnya cukup tinggi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA