Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Ingat! Pemerintah Hanya Tanggung Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di RS Rujukan Saja

Anas Baidowi - 01/10/2020 17:37 Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito

Beritacenter.COM - Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah hanya akan menanggung biaya perawatan pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit yang menjadi rujukan COVID-19.

"Pemerintah menanggung biaya perawatan pasien COVID-19 dan ini tentunya hasil rujukan dari puskesmas atau rumah sakit kepada rumah sakit- rumah sakit rujukan COVID-19," kata Wiku dalam siaran yang ditayangkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

Dengan demikian, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit non rujukan maka pemerintah tidak akan menanggung biaya perawatan pasien itu. Untuk itu, ia mengimbau kepada pasien COVID-19 agar meminta untuk dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19.

"Jadi tentunya pasien yang dirawat di RS swasta kalau bukan bagian dari rumah sakit rujukan tentunya belum bisa ditanggung. Maka mohon untuk dapat dirujuk ke rumah sakit rujukan yang terdiri dari rumah sakit pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Sedangkan untuk akomodasi pasien COVID-19 dari kediaman ke rumah sakit, Wiku meminta untuk tidak menggunakan kendaraan selain ambulans yang memang sudah disediakan untuk mengangkut pasien Covid-19.

"Terkait dengan alat transportasi pasien menuju rumah sakit atau puskesmas pemerintah menyediakan ambulans yang ada dan khusus untuk bisa mengangkut pasien tersebut dari rumah atau kediaman ke rumah sakit untuk mendapat perawatan di rumah sakit," tuturnya.

"Jadi silakan menghubungi rumah sakit terdekat agar bisa dilakukan penjemputan dan dirawat dengan baik tanpa memberikan resiko kepada pihak lain dengan kendaraan yang mungkin tidak didesain untuk membawa pasien gejala COVID-19" lanjutnya.




Berita Lainnya

Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta!

25/10/2020 12:40 - Anas Baidowi

Hina NU, Gus Nur Ceming Saat Ditangkap Polisi

24/10/2020 15:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA