Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Kemenag Susun Aturan Penyelenggaraan Umroh di Tengah Pandemi

Anas Baidowi - 01/10/2020 14:30 Gedung Kementerian Agama Republik Indonesia

Beritacenter.COM - Menindaklanjuti keputusan pemerintah Arab Saudi yang membuka perjalanan umroh. Kementerian Agama (Kemenag) langsung menyusun aturan penyelenggaraan umroh sesuai dengan protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Persiapan kami, Kemenag, sekarang baru menyusun peraturan menteri agama terkait dengan protokol, kita tunggu saja," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali kepada wartawan di gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2020).

Nizar mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun aturan-aturan dan berharap aturan ini bisa segera disahkan ketika Menag Fachrul Razi telah sembuh total dari COVID-19.

"Karena pak menteri sedang terganggu kesehatannya, insyaallah nanti akan membaca dan kita akan minta masukannya agar segera protokol umroh itu akan ditandatangani. Kan masih sebulan, 1 November," ujar Nizar.

Nizar menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara yang masuk dalam daftar negara yang diperbolehkan oleh Arab Saudi untuk melakukan perjalan umroh.

Di sisi lain, ada tiga negara di dunia yang belum diizinkan karena penanganan COVID-19 di negara tersebut dianggap belum berhasil.

"Jadi 3 negara itu adalah, pertama India, kedua Brasil, yang ketiga dan Argentina. Kenapa tidak boleh? Karena penanganan pandemi COVID dianggap tidak berhasil. Indonesia masih diperbolehkan, sehingga insyaallah tanggal 1 November sudah bisa," jelasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA