Wednesday, 21 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

3 Kata Kunci Anies Tangani Banjir Jakarta: Siaga, Tanggap, Galang

Anas Baidowi - 30/09/2020 11:19 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Beritacenter.COM - Ibu Kota DKI Jakarta merupakan daerah yang rawan terjadi banjir saat musim penghujan. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam saat memimpin Gelar Pasukan Apel Kesiapan Tanggap Banjir di Polda Metro Jaya, Jakarta memnyebutkan ada 3 kata kunci untuk menghadapi bencana yang sudah menjadi langganan di Jakarta itu.

"Karena itu saya berharap dalam kesempatan ini, ada tiga kata kunci yang kita pegang bersama yaitu (1) siaga, (2) tanggap, (3) galang," kata Anies Baswedan saat memimpin Gelar Pasukan Apel Kesiapan Tanggap Banjir di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

lebih lanjut, Anies mengimbau kapada seluruh masyarakat untuk siaga saat curah hujan di kawasan hulu maupun lokal tinggi.

"Siaga artinya, kita memantau terus bila di kawasan hulu terjadi hujan yang amat lebat, kita siaga di Jakarta. Bila BMKG mengumumkan bahwa akan terjadi hujan lokal yang lebat, maka Jakarta siaga," katanya.

Kemudian untuk tanggap yang dimaksud oleh Anies adalah semua pihak harus siap tanggap saat banjir terjadi di DKI Jakarta.

"Dan kita tanggap ketika terjadi mulai genangan, ketika terjadi mulai banjir maka respons cepat harus kita lakukan," imbuhnya.

Terakhir yakni galang, di mana seluruh elemen TNI-Polri dan Pemprov DKI harus menggalang kekuatan bersama dalam menghadapi bencana banjir. Menurutnya, masalah banjir tidak akan terselesaikan jika tiga pilar ini tidak bekerja bersama.

"Ketika berhadapan dengan bencana banjir, tidak mungkin dikerjakan hanya sendirian, tidak mungkin hanya unsur polisi, tidak mungkin hanya unsur TNI, tidak mungkin hanya unsur Pemprov," tuturnya.

"Oleh karena itu tiga unsur ini harus bekerja bersama untuk menggalang seluruh kekuatan masyarakat, bahu membahu ketika kita menghadapi ancaman bencana banjir seperti yang kita hadapi awal tahun ini," tandas Anies.

 




Berita Lainnya

Hina NU, Gus Nur Dilaporkan ke Bareskrim Polri

21/10/2020 19:38 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA