Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Polda DIY Luncurkan Aplikasi E- KTN dan BDC

Dewi Sari - 29/09/2020 19:53

Beritacenter.COM - Jajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan aplikasi me-launching aplikasi E-KTN (Kampung Tangguh Nusantara) dan BDC (Binmas Digital Communication). Peluncuran aplikasi itu diresmikan langsung oleh Kapolda DIY Irjen Po Asep Suhendar di Mapoda DIY, Selasa (29/9/2020).

Aplikasi E -KTN merupakan sistem pelaporan kegiatan real time KTN di wilayah Polda DIY. Apliasi E-KTN ini terintegrasi dengan 88 KTN di DIY. Sedangkan BDC merupakan sistem komunikasi suara berbasis digital android yag dapat dipergunakan secara massal oleh seluruh Bhabinkamtinmas di jajaran Polda DIY maupun unsur pimpinan secara bersmaan yang menjangkau seluruh wilayah Polda DIY.

Dengan sistem ini dapat mengetahui kegiatan maupun kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tanpa harus melibatkan banyak orang, terutama para Bhabinkamtibmas.

Menurut Dir Binmas Polda DIY Kombes Pol Anjar Gunadi mengatakan aplikasi ini sangat membantu di tengah wabah pandemi COVID-19. Untuk itu sesuai tugas pokok dan fungsi (Tpoksi) maka Polri melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID- 19 dengan membentuk Kampung Tangguh Nusantara (KTN).

KTN adalah kampung yang mewujudkan masyarakat tangguh menghadapi pandemi COVID-19, membudayakan potensi dan kearifan lokal, baik sumber daya manusia (SDM), potensi alam (SDA), ekonomi dan tehnologi sehingga terwujud ketangguhan masyarakat. Yaitu ketangguhan di bidang kesehatan, Kamtibmas, pendidikan, sosial ekonomi serta tangguh informasi dan kreatifltas.

“Saat ini di wilayah Polda DIY telah terbentuk 88 KTN, sehingga guna menciptakan sistem pelaporan KTN yang real time dan terintegrasi maka dibangunlah sebuah sistem aplikasi E-KTN yang terkoneksi dengan 88 KTN tersebut,” kata Anjar.

Strategi lain yang dilaksanakan dalam pencegahan penularan COVID-19 adalah dengan tidak melakukan kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dan melibatkan banyak orang terutama kegiatan yang melibatkan para Bhabinkamtibmas. Maka dibangunlah teknologi informasi digital berupa Aplikasi Binmas Digital Communication (BDC), yaitu sistem komunikasi suara berbasis digitaI android.

“Aplikasi BDC ini dapat dipergunakan secara massal oleh seluruh Bhabinkamtibmas di jajaran Polda DIY maupun unsur pimpinan secara bersamaan dan terjangkau di seluruh wilayah Polda DIY,” paparnya.

Kapolda berharap dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja anggota di tengah pandemi Covid -19.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA