Friday, 30 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Komisi VI Minta Kemenperin Pandu UMKM Produksi Masker Kain Sesuai SNI

Anas Baidowi - 29/09/2020 13:32 Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi

Beritacenter.COM - Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi meminta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk membuat panduan terkait Standar Nasional Indonesia (SNI) kapada para pelaku UMKM dalam memproduksi masker dari kain.

Politisi dari fraksi PPP itu menilai bahwa hal tersebut perlu dilakukan agar mempermudah para pelaku usaha dalam menjual hasil produksinya dan konsumen mendapatkan jaminan atas kualitas dari masker kain tersebut.

"Standardisasi ini penting untuk memastikan standar kesehatan masker yang diperjualbelikan di pasaran. Namun di sisi lain, harus bisa memudahkan produsen," ucap Baidowi dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Ia juga menegaskan bahwa standar yang telah ditetapkan Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai SNI 8914:2020 Tekstil harus bisa dijalankan oleh para produsen masker.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian telah merumuskan SNI masker kain. Hal ini dilakukan guna menjaga kualitas masker yang nantinya akan melindungi masyarakat secara optimal dari penularan wabah COVID-19.

Selain itu, perumusan SNI juga menjadi pedoman bagi industri dalam negeri dalam menentukan capaian minimum kualitas hasil produksinya sekaligus menjadi standar minimum bagi produk impor.




Berita Lainnya

KKP Kukuhkan 950 Penyuluh Perikanan Swadaya

29/10/2020 23:48 - Anas Baidowi

BMKG Prediksi Cuaca di Jakarta

29/10/2020 07:00 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA