Sunday, 01 Nov 2020
Temukan Kami di :
News

Pemkot Serang Sebut Penerapan Cek Poin saat PSBB Tidak Efektif

Baharuddin Kamal - 28/09/2020 17:55 Wali Kota Serang Syafrudin.

FOKUS : PSBB Ketat

Beritacenter.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang kini sudah tidak memberlakukan sistem cek point dikarenakan tidak efektif saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya lebih memilih memperbanyak tracing atau pelacakan dan tes untuk mereka yang terpapar Corona.

"Cek poin saya lihat tidak efektif karena hanya membatasi orang masuk," kata Syafrudin kepada wartawan di Gedung DPRD Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Senin (28/9/2020).

Dia menjelaskan, PSBB di Kota Serang hanya diperpanjang hingga 11 Oktober. Sedangkan untuk Banten, PSBB diperpanjang selama satu bulan hingga 20 Oktober.

Namun, lanjut dia, bahwa dibandingkan dibangun cek poin, sosialisasi dan pemberian pengertian khususnya soal protokol lebih efektif. Anggaran juga akan dialihkan ke pelacakan, tes dan penyemprotan.

"Anggaran cek poin kita alihkan ke tracing dan penyemprotan," ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa test swab hingga hari ini di wilayahnya belum memenuhi standar WHO. Dari satu persen yang disyaratkan, pihaknya baru melakukan swab ke 5 ribu warga.

"Dari total 6.800, baru 5 ribu, sedikit lagi," ungkapnya.

Pemkot pun menurut Syafrudin menyadari bahwa saat ini terus terjadi peningkatan jumlah kasus. Ia menilai salah satu kunci agar penyebaran ini bisa ditekan adalah dengan kesadaran masyarakat. Masyarakat perlu terus mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

"Kuncinya ada di masyarakat, kalau tidak mentaati justru akan meningkat," ujarnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA