Thursday, 13 May 2021
Temukan Kami di :
News

BNPB Minta Warga Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem di Masa Pancaroba

Baharuddin Kamal - 28/09/2020 14:15 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada masyarakat agar waspada selama peralihan musim atau pancaroba pada tahun ini.

Karena sebelumnya diketahui bahwa BMKG telah merilis akan ada beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi (BNPB), Dr. Raditya Jati mengatakan, warga harus siap siaga terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang atau puting beliung.

"Bencana hidrometerologi tersebut masih dominan terjadi dengan dampak yang luar biasa baik dari sisi korban jiwa maupun kerugian material," katamya, di Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Raditya sendiri mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di 27 provinsi pada Rabu (23/9/2020).

Sebelumnya diberitakan, BMKG menyebutkan pada September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala BNPB Doni Monardo pun meminta Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops)-nya untuk memonitor dan melakukan koordinasi dengan pusdalops di daerah, baik provinsi dan kabupaten serta kota.




Berita Lainnya

Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Maluku Utara

12/05/2021 23:30 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA