Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Profil Silvany Pasaribu Yang Tampar Delegasi Vanuatu di Sidang PBB

Anas Baidowi - 28/09/2020 14:13

Beritacenter.COM - Silvany Austin Pasaribu jadi perbincangan publik setelah membacakan penolakan atas tuduhan tak berdasar dari delegasi Vanuati di Sidang Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diarahkan ke Indonesia.

Dalam hak jawan di sidang umum tersebut, diplomat muda itu dengan tegas menyayangkan pernyataan Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman yang berulang kali berusaha menyudutkan Indonesia dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di Papua dan Papua Barat.

"Sejujurnya saya bingung bagaimana negara ini terus mengajarkan negara lain, namun melupakan prinsip fundamental sebagaimana diatur dalam Piagam PBB. Untuk melakukan sesuatu yang benar, adalah dengan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain dan menghormati kedaulatan serta teritorial negara lain," tegas Silvany dalam hak jawab di Sidang Umum PBB pada 26 September 2020.

Dia juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam etnis, budaya dan bahasa, yang sangat menjungjung tinggi hak asasi manusia serta menghormati toleransi.

"Indonesia telah meratifikasi International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination, sementara Vanuatu sendiri belum meratifikasi konvensi tersebut," kata Silvany yang diketahui adalah putri kandung salah seorang mantan dubes pula.

Lantas siapakah wanita muda tersebut?.

Berdasarkan informasi dari laman resmi kemlu.go.id, Silvany adalah diplomat muda yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kedua Fungsi Ekonomi di Perwakilan Tetap RI untuk PBB yang berkedudukan di New York.

Di awal kariernya sebagai diplomat, Silvany pernah menjabat sebagai Atase Kedutaan Besar RI di London dan Inggris. Wanita itu merupakan lulusan jurusan Ilmu Politik dari Universitas Padjajaran, kemudian melanjutkan pendidikan masternya di Universitas Sydney Australia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA