Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

SELAIN KALTENG, Pemerintah Siapkan Daerah Ini Untuk PROGRAM LUMBUNG PANGAN

Indah Pratiwi Budi - 26/09/2020 14:30

Beritacenter.COM - Pemerintah menggelar rapat terbatas melalui video conference mengenai lanjutan pembahasan food estate, Rabu (23/9) di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta. Pengembangan food estate atau lumbung pangan telah menjadi salah satu Program Strategis Nasional tahun 2020 - 2024.

Pada rapat tersebut kepala negara menyampaikan arahannya kepada sejumlah kementerian dan lembaga terkait. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyelesaian kepemilikan lahan, perumusan master plan pelaksanaan, penyediaan infrastruktur pendukung dan akses jalan, dan kalkulasi secara matang terkait pengelolaan food estate.

Pemerintah berencana membangun food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau di Kalimantan Tengah dan Humbang Hasundutan di Sumatera Utara, dalam rangka mengantisipasi krisis pangan akibat pandemi, perubahan iklim, dan mengurangi ketergantungan pada impor pangan dan ancaman krisis pangan dunia yang sudah berkali-kali diingatkan oleh FAO (Food and Agriculture Organization). Selain dua provinsi tersebut, pemerintah juga berencana akan mengembangkan program serupa di Provinsi Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Selatan.

Pembangunan lumbung pangan baru diharapkan selesai pada tahun 2022 dan dapat meningkatkan produksi padi dan jagung, dengan hasil yang diharapkan sebesar dua ton beras per hektar. Namun bukan hanya sektor pertanian, lumbung pangan juga melipiti pengembangan sektor peternakan.

Sementara itu, Prabowo Subianto yang Kementerian Pertahanannya ditunjuk menjadi salah satu kementerian yang menjalankan program ini menyampaikan dengan singkong akan menghasilkan tapioka-mocaf, yaitu tepung yang bisa menjadi bahan utama kebutuhan pangan untuk mem-back up, yaitu bahan pangan untuk roti, juga nasi dari singkong, dan mi. Indonesia, sambung Menhan, menjadi konsumen mi kedua terbesar di dunia dan ingin menjamin tidak tergantung pada persediaan dari luar negeri.

Jokowi dan Prabowo, menjadikan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani sebagai visi utama mereka di sektor ekonomi selama kampanye pemilihan presiden. Saat ini keduanya tengah berusaha memenuhi janji tersebut lewat program food estate.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA