Saturday, 28 Nov 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Seorang Penjual Baju Keliling Nyambi Jadi Pengedar Sabu

Anas Baidowi - 25/09/2020 01:34 Ilustrasi transaksi narkoba

Beritacenter.COM - Seorang tukang baju keliling berinisial AS (36) warga Kabupaten Bandung ditangkap polisi lantaran diduga mengedarkan sabu.

Aksi AS diketahui oleh Satnarkoba Polres Cimahi setelah petugas melakukan pengintaian terhadap tersangka selama empat bulan. AS di tangkap di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat pada 21 September 2020.

mengatakan bahwa proses pemantauan terhadap tersangka dilakukan .

"Berkedok jual pakaian. Seolah-olah dia jualan pakaian berkeliling, padahal dia juga menjual juga ini di wilayah Polres Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung," ujar Kapolres Cimahi AKBP Yoris Maulana Yusuf Marzuki , Kamis (24/9/2020).

Dalam melakukan transaksi dengan pembali, tersangka menggunakan sistem tempel. Sehingga antara penjual dan pembeli tidak terlibat kontak secara langsung.

"Sistem mengantarkan sabunya sistem tempel. ditaruh di bawah pohon, di pinggir jalan, dan sebagainya," ia melanjutkan.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu sebanyak 234 paket siap edar, dengan berat bruto mencapai 305,11 gram senilai Rp 300-400 juta.

Dari keterangan tersangka, sabu ini didapatkannya dari salah satu warga binaan lapas yang berada di Kota Bandung. Yoris mengaku segera menindaklanjuti dengan penyelidikan lebih lanjut.

"Dalam seminggu tersangka bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 25 juta. Komunikasi dengan bandar masih kami dalami," jelas Yoris.

Sementara itu, tersangka AS mengaku bahwa usahanya menjual sabu untuk menutupi kebutuhan rumah tangga. Apalagi, sudah lama ia tidak memiliki pekerjaan tetap.

Sang isteri ia tegaskan tidak mengetahui aktivitasnya menjual narkoba. "Sudah empat bulan kalau mengirim barang, sambil jualan baju keliling punya istri saya," ucap dia

Atas perbuatannya, tersangka AS dijerat Pasal 114 dan 112 Undang-undang Narkotika 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA