Wednesday, 28 Oct 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Suara Dentuman Misterius di Jakarta Terungkap, TNI AU: Berasal dari TNT

Lukman Salasi - 22/09/2020 12:57

BeritaCenter.COM – Suara dentuman misterius yang sempat bikin geger warga di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan kini terungkap. Suara dentuman ternyata berasa dari bahan peledak trinitrotoluena (TNT).

Hal ini diungkap oleh Kadispen TNI AU Marsma Fajar Adriyanto, Senin (21/9/2020. Menurut keterangannya, suara itu berasal dari TNT di acara penyambutan prajurit baru di Halim Perdanakusuma, Jaktim.

"TNT itu kan nitrogen hanya suara saja, tidak ada efek penghancuran, bukan latihan, itu hanya tradisi aja," jelas Kadispen TNI AU Marsma Fajar.

Fajar menjelaskan, suara dentuman yang terjadi pada Minggu 20 September dan juga 21 September diakibatkan oleh TNT.

"Hari Minggu 20 September sama mungkin tadi pagi jam 5 pagi tadi itu," sambung Fajar.

Selain itu, Fajar menegaskan tak ada efek hancur dari dentuman TNT dalam acara tersebut. Hanya suara tanpa efek karena bukan latihan. Efek suara dentuman itu, lanjut Fajar, bisa terdengar jauh karena waktunya pada malam hari.

"Nggak ada efek apa-apa, kaya suara ban meletus tapi karena malam sudah sepi. Jadi kenceng, nggak ada latihan, itu hanya tradisi. Jadi kalau yang kamu tahu lihat atau kamu tahu ada acara tradisi di Paskhas ya betul memang, acara tradisi, bukan latihan, tradisi itu untuk prajurit baru," ujar dia.

"Karena malam atau subuh, kalau siang-siang mungkin nggak akan kedengeran, karena malam, di cuaca dingin suara itu lebih cepet menjalarnya," lanjutnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA