Tuesday, 22 Sep 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Ini Penjelasan Ahli Soal Risiko Tak Pakai Masker Saat Menyetir Sendirian

Anas Baidowi - 17/09/2020 13:43 Ilustrasi Berkendara

Beritacenter.COM - Baru-baru ini penindakan petugas Satlantas Polda Metro Jaya kepada pengemudi yang tidak memakai masker menuai protes dari pengemudi. Pasalnya, saat dilakukan penindakan pengemudi hanya sendiri di dalam mobil.

Terkait hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa penindakan tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 79 Tahun 2020 yang mewajibkan masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk tetap mengenakan masker dengan benar.

"Pasal 4 Pergub 79 Tahun 2020, kewajiban menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut dan dagu ketika menggunakan kendaraan bermotor," kata Sambodo, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Polisi Denda Pemobil yang Tak Pakai Masker, Ini Alasannya

Seorang ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP menjelaskan bahwa selama tidak ada orang lain dalam satu mobil, risiko terhadap penularan Covid-19 sangatlah kecil.

"Paparan virus dari orang jadi bila tidak ada orang lain berarti tidak ada paparan. Jadi aman kalau nggak ada orang lain," sebut dr Erlang, Kamis (17/9/2020).

dr Erlang menjelaskan, paparan virus Corona dari seseorang yang perlu dihindari. "Yang penting paparan dari orang ya jadi yang dihindari orangnya," lanjut dr Erlang.

Meskipun demikian, pengunaan masker tetap dianjurkan walaupun berkendara seorang diri, karena lebih baik mencegah dibanding mengobati.

Adapun berikut ini ketentuan yang harus diikuti pengguna kendaraan mobil berpenumpang pribadi:
a. digunakan hanya untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan/atau aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB.
b. melakukan disinfeksi kendaraan setelah selesai digunakan.
c. menggunakan masker di dalam kendaraan
d. tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit.
e. membatasi kapasitas angkut mobil penumpang perseorangan paling banyak untuk dua orang per baris kursi, kecuali dengan penumpang berdomisili di alamat yang sama.




Berita Lainnya

5 Manfaat Makan Kuaci untuk Kesehatan

19/09/2020 16:35 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA