Tuesday, 22 Sep 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Tujuan Kapolri Ubah Seragam Satpam Mirip Polisi: Demi Menumbuhkan Kebanggaan dan Memuliakan Profesi

Lukman Salasi - 16/09/2020 19:08

BeritaCenter.COM – Seragam satuan pengamanan (satpam) akan berubah menjadi warna coklat mirip seragam kepolisian. Perubahan ini berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Dalam aturan sebelumnya, seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) satpam adalah kemeja lengan pendek berwarna putih, celana panjang biru tua untuk laki-laki, serta rok panjang atau kulot untuk perempuan. Untuk Pakaian Dinas Lapangan (PDL) terdiri dari kemeja lengan panjang dan celana panjang biru tua untuk laki-laki dan perempuan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengatakan, perubahan seragam satpam kini jadi mirip polisi memiliki filosofi.

"Untuk filosofi seragam satpam yang warna coklat muda untuk baju dan coklat tua untuk celana, dengan makna coklat identik dengan warna tanah atau bumi, kayu, dan batu, yang berarti warna alami," ujar Awi Setiyono di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Senin (14/9/2020).

Dengan Perkap yang baru, jenis seragam satpam bertambah menjadi lima macam. Di peraturan sebelumnya, hanya terdapat empat macam seragam satpam.

Kelimanya terdiri dari, PDH, Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Awi juga menegaskan, perubahan itu bertujuan demi menumbuhkan kebanggaan dan memuliakan profesi satpam.

"Menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA