Monday, 28 Sep 2020
Temukan Kami di :
Nasional

KPK Bakal Dampingi Kemensetneg Dalam Pengelolaan Aset Negara

Anas Baidowi - 16/09/2020 12:50 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendampingi Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dalam mengelola aset negara atau yang biasa disebut dengan barang milik negara (BMN) yang nilainya ditaksir mencapai Rp 571,5 triliun.

"Karenanya, KPK akan melakukan pendampingan kepada Kemensetneg dalam pengelolaan dan pemanfaatan aset untuk menghindarkan kerugian negara. Harapannya, penataan BMN ini akan meningkatkan kontribusi kepada penerimaan keuangan negara," kata Kepala Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah II KPK, Asep Rahmat Suwandha dalam keterangannya, Rabu (17/9/2020).

"Aset-aset milik negara yang menjadi perhatian kami, yaitu aset Gelora Bung Karno, Kemayoran, dan Taman Mini Indonesia Indah," imbuhnya.

Terkait dengan hal tersebut, KPK menemukan masalah yang terjadi pada beberapa aset negara tersebut. Salah satu contohnya yakni GBK, di mana KPK menemukan pencatatan ganda dan penggunaan perjanjian bersama dalam status tanah PPK.

Selain itu, terdapat juga pemanfaatan dari aset negara tanpa adanya perjanjian. Hal itu akibat dari penguasaan aset oleh orang lain tanpa adanya perjanjian.

"Keempat, aset komersil dengan kontribusi yang perlu ditinjau ulang," kata Asep.

Untuk itu, KPK bersama dengan Kemensetneg akan mengadakan rapat dengan para pengguna BMN tersebut.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA