Tuesday, 22 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Proses Pembahasan RUU Ciptaker di DPR Capai 90 Persen, Bagaimana Nasib Buruh

Anas Baidowi - 15/09/2020 16:07

Beritacenter.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa DPR hampir selesai membahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja.

"Saya ingin menyampaikan terkait RUU Cipta Kerja. RUU Cipta Kerja ini kita sudah melakukan pembahasan sampai sekarang ini update-nya sudah 90 persen dibahas," ujarnya saat memberikan keynote speech atau pidato kunci dalam acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing yang ditayangkan langsung CNBC Indonesia, Selasa (15/9/2020).

Airlangga mengatakan, hampir semua kluster strategis yang ada dalam RUU Ciptaker telah mendapat persetujuan dari partai politik.

"Hampir seluruh klaster strategis apakah terkait SWF terkait klaster tenaga kerja, kepastian hukum, UMKM dan koperasi, ini hampir seluruhnya sudah mendapatkan persetujuan dengan parpol," jelas dia.

Selain itu, saat ini RUU Cipta Kerja telah memasuki finalisasi. Di samping itu, juga masih dilakukan pembahasan mengenai harmonisasi dari beberapa pasal krusial, serta sinkronisasi perumusan RUU omnibus law ini.

Ia berharap, pembahasan RUU Cipta Kerja segera selesai. karena menurutnya, regulasi ini dapat memberikan kepastian terhadap iklim bisnis dan kemudahan berinvestasi terhadap pelaku usaha.

"Kami berharap ini bisa cepat selesai dan mendapatkan persetujuan DPR RI sebelum akhir tahun. Ini akan menjadi basis baru di Indonesia, khususnya dalam iklim investasi," tambahnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA