Saturday, 24 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemindahan Ibu Kota Ditunda! Pemerintah Fokus Tangani Covid-19

Baharuddin Kamal - 09/09/2020 15:28 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Anggota DPR Komisi XI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ir H. A Junaedi Auly, M.M mengatakan pemerintah menunda rencana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19.

"Saya kira bukan hanya dilakukan penundaan sebaiknya dibatalkan saja rencana pemindahan ibu kota tersebut," katanya di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Dia menyebutkan, saat ini pemerintah tengah fokus dalam penanganan kesehatan ketimbang pemindahan ibu kota. Pasalnya, hingga saat ini pandemi virus corona belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

"Setelah masalah kesehatan selesai, lalu fokus ke bidang ekonomi, khususnya peningkatan pendapatan masyarakat yang nantinya akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi," papar Junaidi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa pemerintah menunda pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan Suharso dalam rapat dengan Komisi XI DPR, Selasa (8/9).

Rencananya, jika sesuai jadwal di tahun 2021 pemerintah akan memulai penyediaan lahan. Kebutuhan lahan sendiri sudah direncanakan dalam dua skenario, yakni seluas 40.000 Hektare (Ha) dan 30.000 Ha, namun tetap akan dikembangkan kembali menyesuaikan kebutuhan.

Di tahun ini juga Pemerintah sudah mempersiapkan berbagai tahapan seperti, lomba desain ibu kota yang baru, termasuk Presiden Jokowi sudah meninjau lahan yang akan dijadikan ibu kota negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA