Saturday, 26 Sep 2020
Temukan Kami di :
Opini

Jokowi : Man of Contradictions

Indah Pratiwi Budi - 07/09/2020 13:21 Oleh : Meilanie Buitenzorgy

Baru sampai kemarin, kiriman dari Kang Amazon. Buku yang sedang heboh. Buku pertama biografi Jokowi yang ditulis dalam Bahasa Inggris oleh penulis Barat.


Gw baru sempet baca bab conclusion-nya. Di bab ini, ada opini Ben Bland, sang penulis, yang gw amini 1000x. Bahwa "kontradiksi" Jokowi bisa jadi adalah refleksi dari "kontradiksi" Indonesia sebagai bangsa dalam 3 hal: sistem politik, basis ekonomi, dan peran Islam dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.


Anyway, kontradiksi semacam itu juga biasa terjadi di negara-negara lain, tho?


Bahkan kontradiksi pun biasa terjadi dalam mindset para kritikus Barat dalam mengamati Indonesia.


Contohnya, di satu sisi para kritikus Barat mencibir "pembiaran" terhadap gerakan populisme Kanan di Indonesia. Tapi di sisi lain mereka juga mengkritisi kebijakan pembubaran organisasi HTI yang mereka anggap sebagai bentuk represi terhadap hak kebebasan berpendapat. Lha, bukankah pembubaran HTI itu adalah ikhtiar nyata dalam menghadapi meluasnya pengaruh gerakan populisme Kanan? Jadi situ-situ tuh maunya Indonesia kudu piye tho, Mister?


Anyway, a worth to read. Ada banyak fakta yang diungkap dalam buku ini. Dan kita tidak harus selalu mengamini semua framing yang dilakukan penulis berbekal fakta-fakta yang ia kumpulkan tersebut.


Sebuah kritik tajam dari seorang outsider, yang perlu dibaca dan ditelaah secara kritis pula oleh para insider, seperti kita-kita ini.


Sumber : Status Facebook Meilanie Buitenzorgy




Berita Lainnya

Bambang Tri, Ayo Bayar Utang...

25/09/2020 19:30 - Indah Pratiwi Budi

Akal-Akalan Gubernur DKI Dalam Kelola APBD

25/09/2020 18:00 - Indah Pratiwi Budi

"SANG PEMIMPIN HEBAT"

25/09/2020 16:00 - Indah Pratiwi Budi

INDONESIA, SURGA PARA KORUPTOR

24/09/2020 19:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA