Friday, 28 Jan 2022
Temukan Kami di :
News

Kejagung Tetapkan Djoko Tjandra Sebagai Tersangka Suap ke Jaksa Pinangki

Aisyah Isyana - 27/08/2020 16:37

Beritacenter.COM - Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali menetapkan satu tersangka terkait kasus terhadap Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Dalam kasus ini, Kejagung menetapkan Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra sebagai tersangka pemberi suap ke Jaksa Pinangki.

"Baru saja selesai gelar perkara maka pada hari ini penyidik menetapkan lagi 1 orang tersangka dengan inisial JST (Joko Soegiarto Tjandra)," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Hari Setiyono di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2020).

Dalam kasus ini, Djoko Tjandra dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf b dan Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pemberian suap oleh Djoko Tjandra diduga terkait dengan permohonan Peninjauan Kembali (PK) dan pengurusan fatwa ke Mahkamah Agung (MA).

"Perkembangan di dalam penyidikan yang selama ini berangkat dari informasi kejadian terkait dengan permohonan PK tapi ternyata dalam perkembangan penyidikan, khusus terhadap oknum jaksa PSM ada juga perbuatan yang diduga dalam kaitan mengurus fatwa, oleh karena itulah hasil perkembangan," kata Hari.

Sekedar diketahui, Pinangki kala itu dalam perkara ini diketahui menjabat sebagai Kepala Sub-Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin).

Awalnya, Pinangki dicopot dari jabatan itu setelah terbukti melanggar etik beberapa kali bertemu Djoko Tjandra. Belakangan Kejaksaan Agung (Kejagung) menelusuri dugaan suap yang diterima Pinangki sehingga ditetapkan sebagai tersangka.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA