Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
Politik

Sempat Disindir Megawati, Elektabilitas Gatot Nurmantyo Hanya 1,4%

Aisyah Isyana - 27/08/2020 15:51

Beritacenter.COM - Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sempat melontarkan sindiran keras terhadap tokoh di Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang berambisi untuk menjadi Presiden RI. Salah satu deklarator KAMI yang memang sempat masuk bursa capres, Gatot Nurmantyo, namun elektabilitasnya sangat kecil.

Sebagaiamana survel teranyar lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Selasa (21/7), Gatot Nurmantyo, diketahui hanya berada di posisi ke-9, dengan presentase elektabilitas sebesar 1,4%.

Baca juga :

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menempati posisi teratas sebagai kandidat capres untuk Pilpres 2024 versi survei Indikator. Sementara posisi kedua ditempati oleh Gubernur Anies Baswedan, disusul oleh Menhan Prabowo Subianto diposisi ketiga.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei dengan responden sebanyak 1.200 orang, pada 13-16 Juli 2020. Ribuan responden itu dipilih secara acak dari kumpulan sample acak survei tatap muka yang dilakukan Indikator Politik Indonesia dalam rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Pada prosesnya, Indikator Politik Indonesia menelpon sebanyak 5.872 data yang dipilih secara acak, hingga akhirnya berhasil mewawancarai sebanyak 1.200 responden. Sementara toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Adapun sample ini berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Survei terkait capres pilihan 2024 ini dilakukan dengan menyodorkan 15 nama ke para responden yang terlibat. Mereka diberi pertanyaan surve, yakni "Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang Ibu'Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini?"

Hasilnya sebagai berikut:

- Ganjar Pranowo 16,2%
- Anies Baswedan 15%
- Prabowo Subianto 13,5%
- Sandiaga Salahuddin Uno 9,2%
- Ridwan Kamil 8,6%
- Agus Harimurti Yudhoyono 6,8%
- Khofifah Indar Parawansa 3,6%
- Puan Maharani 2%
- Gatot Nurmantyo 1,4%
- Tito Karnavian 1,3%
- Erick Thohir 1%
- M Mahfud MD 0,8%
- Airlangga Hartarto 0,3%
- Budi Gunawan 0,2%
- Muhaimin Iskandar 0,2%
- Tidak Tahu/Tidak Jawab 19,9%

Untuk diketahui, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri melontarkan sindiran keras terhadap deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang turut diisi oleh Gatot Nurmantyo dan kawan-kawan. Megawati menyinggung kenapa KAMI tak sekalian membuat partai politik saja.

"Jadi kemarin-kemarin ini ada pemberitaan ada orang kan yang membentuk KAMI, itu KAMI. Di situ kayaknya banyak banget yang kepengin jadi presiden," kata Megawati.

"Saya itu mikir, lah daripada bikin KAMI seperti itu, kenapa ya nggak dulu bikin partai ya," pungkas Presiden ke-5 RI ini.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA