Wednesday, 22 Sep 2021
Temukan Kami di :
Travel

Rem Blong Saat Berkendara, Ini yang Harus Anda Lakukan

Anas Baidowi - 25/08/2020 02:44

Beritacenter.COM - Rem blong merupakan masalah yang sangat krusial saat berkendara. Motor akan melaju sangat cepat bak peluru yang tentunya akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.


Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan bahwa Penyebab rem blong sendiri bermacam-macam, seperti komponen rem yang mengalami kerusakan atau komponen rem yang panas karena sering melakukan hard breaking.


"Kalau perawatan tidak berkala, tidak detail ya jadinya tentu rem blong. Maka perawatan berkala kendaraan itu sangat penting," ucap Sony, Senin (24/8/2020).

"Maka penyebab itu rem blong itu bisa karena agresif dan kurang perawatan. Kalau agresif pengendara biasanya ini sering ngebut dengan hard braking. Sering begitu kampas panas, kebakar, dan getas lalu blong," imbuhnya.


Disaat pengendara mengalami hal tersebut hal yang pertama dalam upaya penyelamatan diri adalah berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik.

Dikutip dari situs resmi dealer Honda, Wahana, langkah kedua yang harus dilakukan yaitu memberikan peringatan kepada orang disekitar dan pengendara lain jika terjadi permasalahan pada motor yang anda kendarai. peringatan bisa berpupa klakson, lampu sein atau bahkan berteriak.

Cara tersebut bermanfaat untuk memberi tahu orang lain atau pengendara lain untuk berhati-hati dan memprioritaskan jalan untuk anda agar tabrakan bisa terhindari.

Lankah selanjutnya ialah dengan mengarahkan motor ke tempat yang sepi dan luas agar dapat meminimalisir kecelakaan yang parah dan melibatkan orang lain.

Selain itu, mengurangi kecepatan dengan cara menutup gas dan mencari tanjakan atau pada transmisi manual bisa memanfaatkan egine break atau menurunkan gigi menjadi solusi yang tepat agar motor dapat berhenti walau dalam keadaan rem blong.




Berita Lainnya

Kota Tua Batal Dibuka untuk Olahraga

21/09/2021 23:30 - Dewi Sari

Ini Sederet Surga Wisata yang Tersembunyi di Lampung

07/08/2021 18:00 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA