Tuesday, 20 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemeriksaan Selesai, Djoko Tjandra Akui Menyuap Brigjen Prasetijo-Irjen Napoleon

Baharuddin Kamal - 24/08/2020 18:57

Beritacenter.COM - Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan kepada tersangka kasus suap red notice, Djoko Soegiarto Tjandra. Dalam pemeriksaan tersebut, Djoko Tjandra mengaku telah menyuap Brigjen Prasetijo dan Irjen Napoleon.

"Yang bersangkutan dicecar 55 pertanyaan oleh penyidik. Hal-hal yang terkait dengan pertanyaan penyidik, yang bisa kami sampaikan, yaitu terkait dengan pertanyaan aliran dana, suap oleh saudara JST kepada para tersangka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (24/8/2020).

Baca juga : Bareskrim Periksa Djoko Tjandra Sebagai Tersangka Suap Pencabutan Red Notice

Awi mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan penyelidikan guna mencari tahu siapa saja yang terlibat dalam perbuatan suap-menyuap surat jalan dan red notice Djoko Tjandra ini.

"Jadi penyidik mengejar tentunya melakukan pendalaman, mengejar kapan, di mana, kepada siapa saja uang ini diberikan. Dari hasil pemeriksaan, kami tidak bisa sampaikan secara keseluruhan, apalagi terkait nominalnya karena kita masih berproses dan yang bersangkutan memang sudah mengakui itu telah memberikan sebanyak uang tertentu pada para tersangka," ucapnya.

Dalam pemeriksaan Djoko Tjandra, penyidik juga turut mengahdirkan barang bukti yang selama ini disita polisi. Awi menyampaikan Djoko Tjandra mengakui perbuatannya yaitu memberi suap.

"Barang bukti yang selama ini disita, dihadirkan dalam pemeriksaan. Dan disampaikan kepada tersangka dan ditunjukan kepada tersangka. Dan yang bersangkutan mengakui dan kami tidak berikan info secara detail. Tapi yang jelas yang bersangkutan mengakui dan memberikan uang kepada para tersangka lain terkait red notice," sambung Awi.

Untuk diketahui, Bareskrim Polri sebelumnya menjadwalkan pemeriksaan terhadap pemberi dan penerima suap dalam kasus Djoko Tjandra. Dalam kasus ini, pemberi suap yang dimaksud adalah Djoko Tjandra dan pengacara Tommy Sumardi, dan penerima suap mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo dan mantan Kadiv Hubungan Internasional, Irjen Napoleon Bonaparte.

"Pemeriksaan tersangka penerima dan pemberi dijadwalkan minggu depannya tanggal 24-25 Agustus," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Minggu (16/8).

Argo menyebut Djoko Tjandra dan Tommy Suardi akan diperiksa lebih dulu pada tanggal 24 Agustus 2020. Kemudian setelahnya, Irjen Napoleon dan Brigjen Prasetijo akan diperiksa keesokan harinya, 25 Agustus 2020.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA