Friday, 25 Sep 2020
Temukan Kami di :
Ekonomi

Berikut Ini Cara Jalankan Usaha di Tengah Pandemi Virus Corona Ala Sandiaga Uno

Baharuddin Kamal - 15/08/2020 03:04 Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno beberkan kiat menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19.

Beritacenter.COM - Pandemi virus corona atau covid-19 berdampak pada banyak sektor kehidupan. Dampak itu, diakui Sandiaga Uno juga menggerus seluruh lini sektor usaha, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Meski begitu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan terdapat kiat sukses menjalankan usaha di tengah pandemi covid-19. Yakni inovasi, pro aktif dan berani mengambil risiko.

"Fokus harus terus inovasi, tidak mungkin relevan kalau sukses tidak inovasi. Pro aktif, sukses dan prestasi menghampiri orang-orang pro aktif mengejar bola dan menjemput rezeki," ungkap Sandi dalam diskusi bertema Strategi Kembangkan Bisnis Untuk UKM Efisiensi Tanpa Resiko Dengan Gudang Online pada Jumat (14/6/2020).

Hal lain yang menjadi trik adalah berani mengambil risiko. Menurut dia banyak entrepeneur muda tidak luwes mengambil risiko. Padahal Sandi mengibaratkan, risiko dan peluang bagaikan dua sisi mata koin yang tidak bisa dipisahkan.

”Mulai dari hari ini ambil kesempatan dan peluang, lakukan usaha dan yakini, miliki niat tulus ikhlas menjadi sukses," jelasnya.

Diakuinya, menjalankan usaha di tengah pandemi covid-19 merupakan sebuah tantangan. Satu di antaranya adalah melakukan publikasi produk usaha secara online. "Online keniscayaan. Tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan usaha," kata dia.

Apabila tidak cakap melakukan publikasi produk via online, Sandi menyarankan, agar dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain yang berpengalaman di dunia sosial media. Menurutnya, mitra sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis agar lebih berkembang.

"Mitra sama orang yang sudah online. Teman fokus di porduksi online dari kerjasama, era kompetisi sudah menjadi era kolaborasi. Kita gotong royong mengambil pasar mengembangkan usaha," ujarnya.

Sementara itu, CEO Crewdible, Dhana Galindra, mengatakan siap membantu pengusaha-pengusaha yang mengalami kesulitan. "Ekonomi susah. Banyak yang rontok di sektor retail. Kami bagian logistik rata-rata naik. Orang banyak kiriman barang melalui logistik keseluruhan naik. Kami banyak banget karena timbal balik. ecommerce menanjak. Realise menolong orang kena PHK dari retail ini," tutur Dhana Galindra.

Menurut dia, banyak took-toko yang tutup dimanfaatkan menjadi gudang. ”Lantai 2-4 di ruko itu kami jadikan Crewdible. Kami harap tidak ada PHK karyawan sementara alih fungsi," tutupnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA