Wednesday, 28 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Bicara Soal Subsidi Pulsa PJJ, Menkominfo: Mulai Digulirkan September

Anas Baidowi - 13/08/2020 13:40 Menkominfo: Johnny G Plate

Beritacenter.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyampaikan bahwa bantuan subsidi pulsa bagi para tenaga pengajar dan murid sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19 akan mulai disalurkan pada September bulan depan.

Agar pencairan sesuai dengan rencana, Johnny berharap penyesuaian daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) bisa segera selesai.

"Betul (subsidi pulsa untuk dukung pembelajaran jarak jauh) long distance electronic learning, diharapkan penyesuaian DIPA bisa segera selesai dan mulai digulirkan September," ujar Johnny, Kamis (13/8/2020).

Ia mengatakan, saat ini besaran subsidi yang akan disalurkan kepada siswa, mahasiswa dan tenaga pengajar sedang dikaji oleh pemerintah. Rencananya, subsidi tersebut akan disalurkan secara bertahap selama empat bulan.

"Paket data saja sekitar Rp 7,8 triliun plus beberapa insentif lainnya yang sedang dibicarakan. Satuan kerja berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Johnny

Ia menegaskan bahwa pihaknya mendukung pemberian insentif yang dapat membantu pembelajaran jarak jauh. Nantinya, anggaran untuk pembiayaan program tersebut diambil dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Dalam program ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan pihak operator seluler untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Dalam pembicaraan dengan kami, dari awal pandemi Covid-19 operator seluler sudah menyediakan insentif paket data setara Rp 1,9 triliun per bulan untuk siswa dan mahasiswa yang diatur sendiri oleh mereka," ujarnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA