Saturday, 26 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Dari Zona Merah, Surabaya Terpantau Berubah Jadi Zona Oranye Corona

Aisyah Isyana - 10/08/2020 23:12

Beritacenter.COM - Wilayah Kota Surabaya yang sebelumnya merupakan zona merah Corona (COVID-19), saat ini telah berubah menjadi oranye. Adapun pantauan Surabaya yang saat ini telah menjadi zona oranye, dapat dicek dilaman https://covid19.go.id/peta-risiko.

dr Makhyan Jibril, selaku anggota Gugus Kuratif Penanganan COVID-19 Jatim, membenarkan adanya laporan soal Surabaya zona oranye. "Iya sekarang Surabaya zona oranye," kata Jibril kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Baca juga : Pengakuan Pemerkosa Viral di Bintaro, Ngaku Mabuk Hingga Nafsu Birahi Meningkat

Jibril tak menutup kemungkinan jika zona di Surabaya dapat berubah lagi besok. Pasalnya, Satgas COVID-19 Pusat akan mengupdate zonasi kabupaten/kota di Indonesia setiap hari Selasa.

"Sepertinya besok akan ada update lagi. Karena update ini kan setiap Selasa. Kewenangan penilaian zonasi milik Satgas Pusat bersama Kemenkes RI," jelasnya.

Lebih lanjut Jibril menjelaskan soal warna zona penyebaran virus Corona. Zona merah artinya wilayah itu memiliki resiko tinggi Corona. Sementara zona oranye memiliki risiko sedang, zona kuning berisiko rendah, dan hijau zero kasus COVID-19.

"Jadi apa yang ada di peta Satgas COVID Pusat, itu data per-2 Agustus, mungkin di Jatim baru berubah hari ini. Besok sepertinya update lagi, karena setiap Selasa Satgas Pusat mengupdate zonasi. Penilaian zona sesuai indikator epidemiologis yang tertera di web https://covid19.go.id/peta-risiko," pungkasnya.

Sementara zona merah di Jatim, terpantau berjumlah 6 kabupaten/kota yakni di Sidoarjo, Gresik, Kota Malang, Kabupaten Blitar, Jember, dan Bondowoso.

Untuk zona oranye selain Kota Surabaya yakni Kabupaten Madiun, Pamekasan, Jombang, Kota Probolinggo, Kabupaten Kediri, Lumajang, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Lamongan, Kota Kediri, Ponorogo, Tulungagung, Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Kabupaten Malang dan Kota Pasuruan. Total ada 28 kabupaten/kota di Jatim yang berstatus zona oranye.

Sementara zona kuning, terpantau berjumlah 5 kabupaten/kota. Yakni di Sampang, Pacitan, Kota Madiun, Magetan dan Ngawi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA