Saturday, 26 Sep 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan, Polri : Itu Sah-Sah saja, Kami Siap Hadapi

Itu sah-sah saja karena sudah diatur dalam Kuhap dalam rangka untuk menguji penangkapan dan penahanan seseorang. Karena dalam Praperadilan ini tentu penyidik akan menyiapkan tim untuk menghadapi Praperadilan yang tentunya kita sama menunggu dari Pengadilan Negeri.

Baharuddin Kamal - 10/08/2020 22:24 Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono.

FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Tim kuasa hukum Anita Kolopaking berencana bakal mengajukan sidang praperadilan terkait penahanan yang dilakukan oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Ditipidum) Bareskrim. Anita Kolopaking adalah mantan kuasa hukum Djoko Tjandra. Djoko terbelit kasus korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali.

Menanggapi hal itu, Polri mengaku akan membentuk tim untuk menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan oleh Anita Kolopaking terkait penahanannya. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono melalui video telekonferensi, Senin (10/8/2020).

“Itu sah-sah saja karena sudah diatur dalam Kuhap dalam rangka untuk menguji penangkapan dan penahanan seseorang. Karena dalam Praperadilan ini tentu penyidik akan menyiapkan tim untuk menghadapi Praperadilan yang tentunya kita sama menunggu dari Pengadilan Negeri,” kata Awi kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Awi menjelaskan, pihaknya tidak mempermasalahkan terkait gugatan praperadilan tersebut. Menurutnya, langkah tersebut adalah hal yang sah karena sudah tercantum dalam KUHAP.

"Pengacara Anita mengajukan praperadilan. Kalaupun ditempuh oleh AK dan pengacaranya saya rasa itu sah-sah saja karena sudah diatur dalam KUHAP dalam rangka untuk menguji penangkapan dan penahanan seseorang," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, tim advokat pembela Anita Dewi Kolopaking secara resmi mengajukan gugatan praperadilan terhadap Bareskrim Polri atas ditahannya Anita Dewi Kolopaking, usai diperiksa penyidik Bareskrim.

Juru Bicara Tim Advokat Pembela Anita Dewi Kolopaking, RM Tito Hananta Kusuma, mengaku keberatan dengan penahanan terhadap Anita Dewi Kolopaking, yang dilakukan penyidik Bareskrim Polri.


"Dan Ibu Anita Dewi Kolopaking telah menandatangani berita acara penolakan penahanan karena tidak terima dengan penahanan yang dilakukan terhadap dirinya, dan kami sudah mendaftarkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri terhadap upaya penahanan tersebut," kata Tito melalui keterangan tertulis.

Dijelaskannya, alasan penahanan tersebut, sebenarnya tidak perlu dilakukan karena Ibu Anita kooperatif dan menjamin bahwa kliennya tidak akan melarikan diri serta tidak menghilangkan barang bukti.

"Tetapi kenapa penahanan tetap dilakukan? Jadi kami melakukan upaya praperadilan untuk menguji penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ibu Anita Dewi Kolopaking," pungkas Tito.




Berita Lainnya

4 Alasan Penyebab PSBB Total Diperpanjang

25/09/2020 09:39 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA