Friday, 25 Sep 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Demi Bisa Beli HP untuk Belajar Daring, Seorang Pelajar Rela Jadi Kuli Bangunan

Anas Baidowi - 10/08/2020 13:01

Beritacenter,COM - Seorang pelajar bernama Catur Feriyanto yang saat ini duduk di kelas VII MTs YA Robi Desa Karangrejo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, harus rela bekerja sebagai kuli bangunan agar bisa membeli HP yang digunakan untuk belajar online.

Ia rela bekerja lantaran kondisi perekonomian orang tuanya yang tidak mampu. walaupun banyak yang melarangnya untuk jadi kuli bangunan, bahkan teman-temannya pun banyak yang ingin meminjamkan ponsel agar bisa belajar daring.

Namun tekadnya yang kuat untuk memiliki smarphone sendiri dari hasil kerja kerasnya, ia tidak memedulikan perkataan orang yang ingin membantu memijamkan.

“Tidak apa-apa [kerja jadi kuli bangunan] agar bisa beli HP buat belajar,” ujar Catur.

Awalnya Marno sebagai pemilik proyek tidak ingin mempekerjakan Catur lantaran usianya yang masih dibawah umur. Namun semangat bov=cah tersebut membuat ia berubah pikiran dan mengizinkannya untuk bekerja.

Hanya saja, perkerjaan yang diberikan kepada Catur hanya sebatas mengaduk semen dan mengangkat genteng.

“Katanya tidak punya HP buat belajar online, jadi saya izinkan. Hanya saja tidak harus kerja keras. Cuma ngaduk dan mengangkat genting. Sehari saya kasih Rp50.000,” ujar Marno.

Setelah mendengar kabar viral tersebut, Bupati Grobogan, Sri Sumarni meminta Kepala Dinas Pendidikan, Amin Hidayat untuk menemui bocah yang masih duduk bibangku MTs tersebut dan membelikannya HP beserta kuota internetnya.

Harapannya tidak bekerja yang melampaui sebagai kapasitas sebagai seorang anak. Jadi dia tidak akan bekerja lagi sebagai kuli namun fokus belajar,” jelas Amin Hidayat.




Berita Lainnya

Gempa 2,5 Magnitudo Guncang Wilayah Sigi Sulteng

25/09/2020 17:10 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA