Tuesday, 24 Nov 2020
Temukan Kami di :
News

Singgung Susi Soal Ekspor, Edhy Prabowo : Jangan Hanya Sibuk Debat Soal Lobster!

Dewi Sari - 07/08/2020 14:26

Beritacenter.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menyinggung pro dan kontra pencabutan larangan ekspor benih lobster yang dikeluarkan oleh eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Menurutnya, masih banyak sumber daya laut yang harus dikembangkan tanpa terjebak adanya peredebatan lobster.

"Kita bicara lobster, kita sibuk berdebat dengan lobster, padahal lobster baru sebagian kecil masalah potensi yang perlu kita bangkitakan. masih ada banyak potensi yang perlu kita kembangakan," ujar Edhy, Jakarta, Jumat (7/8/2050).

Edhy menuturkan banyak sumber daya laut dan pesisir belum secara dimaksimalkan dikembangkan. Bahkan, hanya 10 persen saja dari keseluruhan sumber daya yang dimiliki. Karena itu, dia menegaskan pihaknya akan berusaha untuk mengoptimalkan seluruh potensi laut yang dimiliki Indonesia.

Saat ini Kementrian KKP tengah melakukan potensi laut yaitu ikan cobia. Dia bilang, para pembudidaya membuktikan bahwa jenis ikan karnivora ini memiliki perkembangan hingga 6 kilogram (kg). Selain cobia, Edhy juga mengatakan kepiting pun sudah bisa dikembangbiakan secara mandiri. Di mana, satu ekor kepiting bisa bertelur hingga 50.000.

"Ikan cobia, satu satunya ikan yang pertumbuhannya setahun bisa 6 kg. Kemudian, kepiting kita sudah bisa kembang biakan sendiri, gak kita khawatirkan kepiting punah. Satu ekor kepiting bisa bertelur 50.000, tapi dari 50.000 tentu yang sampai besar itu hanya 25.000 saja," ujarnya.

Sebelumnya, kebijakan benih lobster menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat. Ada yang merasa kebijakan tersebut sudah tepat, tapi banyak pula yang berpandangan kebijakan yang diketok oleh Menteri Edhy dapat mengganggu atau mengakibatkan kepunahan lobster. Kebijakan Edhy, ditantang keras oleh mantan Susi Pudjiastuti. Dia bilang, lobster dewasa sudah jarang ditemui karena bibit lobster diperbolehkan dijual ke luar negeri oleh pemerintah.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA