Wednesday, 30 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Pemkab Ciamis Bolehkan Pasar Minggu BMX Buka Asal Para Pedagang Lakukan Ini....

Baharuddin Kamal - 06/08/2020 13:45 Pasar Minggu BMX Ciamis.

Beritacenter.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kembali membuka pasar dadakan yang beroprasi setiap Minggu di halaman parkir sirkuit BMX Ciamis. Pasar tersebut sebelumnya ditutup akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Namun, sebelum pasar itu di buka, Pemkab meminta para pedagang agar menaati aturan yang sudah ditentukan. Di antaranya wajib menerapkan protokol kesehatan, pakai masker dan sarung tangan. Jarak antar pedagang 1 meter.

Pedagang terlebih dulu melakukan registrasi ulang untuk didata dan wajib memakai id card. Untuk sementara pedagang berjualan yang diizinkan asal Ciamis dan terbatas. Pedagang dilarang berjualan di area trotoar. Sarana angkut barang dibolehkan masuk hanya sampai pukul 06.00 WIB.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, para pedagang diperbolehkan buka maksimal sampai jam 12.00 Wib. Syaratnya pedagang harus siap dalam menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini Kamis (6/8/2020), Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis tengah melakukan sosialisasi kepada para pedagang di area sirkuit BMX. Terlihat di area parkir kini sudah ditandai dengan cat dan diberi nomor.

"Mulai Minggu ini bisa buka, tapi tergantung para pedagangnya sudah siap atau belum untuk mentaati dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19," ujar Erwan, Kamis (6/8/2020).

Erwan mengatakan keputusan mengizinkannya sementara aktivitas pasar dadakan tersebut setelah rapat dengan beberapa instansi. Seperti Dinas Perhubungan untuk soal parkir, Dinas Perdagangan terkait teknis para pedagang, serta Satpol PP dan Dinas Kesehatan Ciamis.

"Ini kaitannya dengan beberapa instansi. Untuk kami memang sirkuit ini dikelola oleh Disbudpora, sudah diizinkan. Asal pedagang bisa menjaga. Untuk Minggu ini akan kita lihat aktivitasnya seperti apa, nanti ada evaluasi," katanya.

Erwan mengatakan izin pembukaan tersebut hanya bersifat sementara. Ketika ditemukan adanya kasus positif COVID-19 di wilayah Ciamis ini maka akan ditutup kembali.




Berita Lainnya

Ridwan Kamil : Keluarga Saya Korban Kekejaman PKI

30/09/2020 13:53 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA