Monday, 28 Sep 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Mendagri Minta Sekolah yang Mau Belajar Tatap Muka agar Lakukan Simulasi Protokol Covid-19 Dahulu

Baharuddin Kamal - 04/08/2020 10:11 Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Beritacenter.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta seluruh sekolah yang hendak melakukan pembelajaran tatap muka agar menerapkan simulasi kedisiplinan protokol COVID-19 terlebih dahulu.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menjelaskan hal ini dilakukan agar pemerintah dapat mengambil kesimpulan program tersebut dapat dilanjutkan atau tidak, seandainya nanti ditemukan klaster baru atau tidak pada proses pembelajaran tatap muka tersebut.

“Itu ditentukan dahulu sekolah-sekolah di setiap zona yang akan dijadikan role model, dijadikan model simulasi. Mungkin 2 minggu atau 1 bulan, 1 atau 2 sekolah yang dianggap berkesan menerapkan protokol. Setelah itu (diatur protokol kesehatan) baik untuk keberangkatan sekolahnya, di tempat sekolahnya, maupun setelah kembalinya,” kata Tito dikutip dalam keterangan persnya, Selasa (4/8/2020).

“Nah kalau seandainya tidak terjadi klaster baru, kemudian baru diberlakukan bertahap direplikasi di tempat-tempat lain,” tambahnya.

Oleh sebab itu, lanjut Tito, peran Gugus Tugas di daerah menjadi sangat penting untuk memberikan arahan daerah atau tempat mana yang terisolasi seperti pegunungan ataupun pulau terpencil. Namun, perlu digarisbawahi juga bahwa lokasi seperti itu sistem kesehatannya masih rendah.

"Itu gugus tugas daerah dan dinas daerah ini menjadi penting, menjadi kunci untuk penentuan apakah di tempat itu boleh dilakukan pertemuan tatap muka, sebagai gambaran bahwa daerah-daerah yang hijau itu rata-rata adalah daerah yang terisolasi baik di pegunungan ataupun di pulau-pulau," jelasnya.




Berita Lainnya

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

26/09/2020 11:30 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA