Saturday, 15 Aug 2020
Temukan Kami di :
Keuangan

Berkurban Tanpa Mengorbankan Keuangan, Bagaimana Caranya?

Anas Baidowi - 02/08/2020 19:04

Beritacenter.COM - Berkurban merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan setiap Idul Adha. Tidak menjadi keharusan untuk bekurban, Namun alangkah baiknya dilaksanakan jika mampu.

Dalam melaksanakan kurban, seringkali terhambat oleh faktor finansial. Oleh karena itu, seseorang yang ingin berkurban harus mempersiapkannya lebih baik lagi.

Perencana Keuangan (Finansial Consulting), Eko Endarto menjelaskan sebaiknya dana yang kita kucurkan untuk berkurban disisihkan setahun sebelumnya.

"Jadi sebaiknya sih supaya tahun depan nggak terjadi lagi (bokek setelah berkurban) setiap ada penghasilan harus sudah mulai disisihkan," katanya, Minggu (2/8).

Ia menambahkan, tidak perlu menyisihkan terlalu banyak, cukup mengalokasikan dana sebesar 10% dari total penghasilan bulanan saja.

"Jadi itu kan seharusnya dari setiap penghasilan ada bagian untuk sosial agama kan. Itu sekitar 10% dari penghasilan setiap bulan. Nah jadi seharusnya dari penghasilan dia katakan misalnya penghasilannya Rp 7 juta maka Rp 700 setiap bulan harus dia simpan tuh," sebutnya.

Dengan perencanaan seperti itu, kita bisa melaksanakan ibadah berkurban tanpa harus mengorbankan keuangan kita.

"Nah sehingga kalau pas terjadi ataupun ada kurban seperti sekarang ya angka (yang terkumpul) tadi yang digunakan seberapapun yang dia punya. Jadi harusnya nggak ada alasan bahwa dia bilang gara-gara kurban dia nggak punya duit, itu salah," tambahnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA