Tuesday, 20 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Menteri KKP Edhy : Nilai Terumbu Karang RI Bisa Capai Rp535 Triliun

Dewi Sari - 30/07/2020 17:20

Beritacenter.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan sumber daya alam perikanan dan kelautan Indonesia memiliki potensi besar dalam mempertumbuhkan perekonomian di Indonesia.

Edhy menuturkan perkiraan nilai ekonomi terumbu karang di Indonesia mencapai US$37 miliar, atau setara Rp535,5 triliun (kurs Rp14.500 per dolar AS).

Hal itu disampaikan dalam acara Kick Off Meeting Coral Reef Rehabilitation Management Program-Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI), dengan mengacu pada kajian Badan Lingkungan Hidup Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

"Jika Indonesia mengelola terumbu karang dengan baik, maka dapat menjadi nilai ekonomi terumbu karang US$37 miliar," kata Edhy, Kamis, 30 Juli 2020.

Edhy mengatakan jika Indonesia dapat menglolah kekeayaan sumber daya kelautan dan perikanan nilai ekonomi tersebut dapat menghasilkan US$2,6 miliar.

"Ini tidak hanya dari perikanan tapi pengelolaan sektor lainnya," tutur dia.

Edhy menekankan, kementeriannya akan dengan baik mengelola dan mengoptimalkan sumber kekuatan ekonomi tersebut. Apalagi, Indonesia menjadi bagian segitiga terumbu karang dunia.

"Segitiga terumbu karang dunia ini yang disebut Amazon of the Seas. Memiliki keragaman terumbu karang dan ekosistem laut lainnya yang kekayaannya setara hutan Amazon," ungkap Edhy.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA