Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Drama Susi Pudjiastuti Tentang Lobster, Jokowi : Pemerintah Tidak Bisa Melarang Ekspor Benih lobster "Banyak Nelayan Tergantung Dengan Ekspor"

Indah Pratiwi Budi - 28/07/2020 15:32

Beritacenter.COM - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, mencari pangung dengan kebijakan Permen KP 12/2020 tentang ekspor benih lobster.

Banyak kalangan yang menilai kritik pedas Susi itu dilatar belakangi bahwa dia pembisnis lobster yang merasa rugi dengan dikeluarkannya kebijakan tersebut.

Kritikan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, itu langsung mendapatkan tanggapan dari Presiden Joko Widodo.

Tim Beritacenter.COM mengutip dari laman Kompas.com, Jokowi mengatakan, keinginan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk mencabut larangan ekspor bibit lobster harus dilihat dari efek kemanfaatan dan lingkungannya.

Baca Juga : Surat Terbuka Untuk SUSI PUDJIASTUTI "Anda Itu Banyak Dosanya Sama Nelayan"

"Yang paling penting menurut saya negara mendapatkan manfaat, nelayan mendapatkan manfaat, lingkungan tidak rusak. Yang paling penting itu," ujar Presiden Jokowi saat ditanya wartawan seusai meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda, di Kabupaten Kutai Kertanegara, Selasa (17/12/2019).

Jokowi mengingatkan, ekspor bibit lobster harus memperhatikan faktor keseimbangan. Artinya, nilai tambah untuk dalam negeri harus diperoleh dan lingkungan juga tidak rusak.

"Jangan juga awur-awuran, semua di tangkapin, di ekspor, juga enggak benar," kata Jokowi.

Namun Jokowi juga menilai, pemerintah tidak bisa hanya melarang ekspor benih lobster. Sebab, banyak nelayan tergantung dengan ekspor benih lobster ini. "Keseimbangan itu paling penting bukan hanya bilang jangan (ekspor)," kata dia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA