Monday, 10 Aug 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Akibat Ulah Susi Larang Penangkapan Lobster, Negara Rugi Triliunan Rupiah Tiap Tahunnya

Lukman Salasi - 24/07/2020 09:40

BeritaCenter.COM – Kebijakan Susi Pudjiastuti saat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan yang melarang penangkapan benih lobster dinilai sangat merugikan negara. Kerugian yang dialami negara pun sangat besar bisa mencapai triliunan rupiah setiap tahunnya.

Larangan itu malah menyebabkan terjadinya penyelundupan lobster yang tinggi di era Susi. Sehingga yang sangat dirugikan adalah negara karena tidak mendapat manfaat sama sekali dari kebijakan tersebut.

“Masa Bu Susi itu benih itu dilarang untuk budi daya apalagi diekspor, terjadilah ilegal penyelundupan yang masif menurut data," ungkap mantan Menteri KP Periode 2001-2004, Rokhmin Dahuri, saat menjadi bintang tamu di channel Youtube Helmy Yahya, Rabu, 22 Juli 2020.

Menurut menteri KP di era Gus Dur dan Mega ini, keuntungan dari hasil penyelundupan itu bisa mencapai triliunan rupiah. Artinya, dengan jumlah tersebut, kata Rokhmin, itulah kerugian yang dialami negara setiap tahunnya.

"Itu nilainya menurut KKP setiap tahun minimal 2-3 triliun itu dari penyelundupan itu dan itu data resmi dari kementerian pada zaman itu ya," sebut Rokhmin.

"Bisa dibayangkan berarti yang rugi kan negara, yang dapet untung kan oknum-oknum itu tadi kan yang membackingi penyelundupan," tegasnya lagi.

Selain itu, kerugian akibat ulah Susi yang melarang penangkapan benih lobster juga berdampak luas.

Mulai dari hancurnya usaha budidaya dengan survival rate 30% (Priyambodo, 2019) dan perdagangan benih lobster. Ratusan ribu nelayan, pembudidaya dan pedagang jadi pengangguran. Triliunan rupiah nilai ekonomi wilayah lenyap. Dan multiplier effects jadi mubazir.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA