Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

TERBONGKAR...! Di Balik Kritik Pedas Susi Tentang Ekspor Lobster Ternyata ada Kepentingan Bisnis

Baharuddin Kamal - 23/07/2020 23:21 Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Beritacenter.COM - Pengamat sosial politik Tamil Selvan menilai dibalik kritikan pedas mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ada kepentingan bisnis yang terganggu oleh kebijakan yang di keluarkan Menteri KKP Edhy Prabowo.

"Simbol-simbol komunikasi ini mengambarkan seolah Ibu Susi terusik kepentingan pribadinya karena kebijakan Pak Edhy. Kita sama-sama tahu bahwa saat menjabat Menteri KP beliau juga pengusaha dibidang lobster, walau kini dia mengaku sudah tidak lagi. Jadi saya kira, poin bawa-bawa nama nelayan kecil ini hanya sebagai kamuflase." Papar Tamil kepada awak media (11/7/2020).

Menurut Tamil, sikap Susi sangat terlihat bersebrangan dan tidak setuju dengan kebijakan Menteri Edhy Prabowo, menunjukan ketidakpuasan atas reshuffle dirinya dari kabinet kerja Pak Jokowi.

"Kita lihat cuitan beliau di medsos dan kemudian wacana nya dimedia. Ini menunjukan ketidakpuasan atas reshuffle dirinya. Saya kira pergantian dirinya lebih terkait pada banyaknya pengusaha kecil dibidang makanan laut, nelayan lobster skala kecil, serta pengusaha kapal yang mengeluh merugi akibat peraturan yang dikeluarkan Ibu Susi, di jamannya." Jelas pemilik akun youtube @KangTamil ini.

Selain itu, dia juga menjelaskan terkait isu kolusi dan nepotisme yang dilakukan oleh Menteri Edhy Prabowo. Dia berharap agar warga tak termakan oleh isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenerannya.

"lho, waktu Ibu Susi menjabat Menteri KP, dia itu pengusaha lobster. Itu bagaimana? sudah dia pengusahanya dia pula menterinya, semua-muanya dia. Faktanya Edhy bukan pengusaha dibidang kelautan. Jika ada orang yang dikenalnya mendapat ijin untuk eksport, Bu Susi juga kalau mau saya kira bisa daftar secara resmi. Jika memang ada cara-cara yang mengarah ke pola kolusi dan nepotisme, biar KPK yang bertindak. Saran saya ke Bu Susi segeralah move on." tutup Kang Tamil.

Seperti diketahui sebelumnya, Susi kerap mengkritik kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Menteri KKP Edhy Prabowo. Kebijakan tersebut yakni mencabut larangan ekspor benih lobster yang sempat dikeluarkan di masa Susi menjabat sebagai menteri.

Susi menilai aturan tersebut dinilai tak memihak pada nelayan lokal. Hal ini lantaran lobster sangat bernilai ekonomi tinggi sehingga kelestariannya perlu dijaga.

"Lobster yang bernilai ekonomi tinggi tidak boleh punah, hanya karena ketamakan kita untuk menjual bibitnya; dengan harga seperseratusnyapun tidak. Astagfirulah .. karunia Tuhan tidak boleh kita kufur akan nikmat dr Nya," tulis Susi Pudjiastuti dalam akun Twitter-nya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA