Tuesday, 27 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

Terapkan Sanksi, Pemkot Depok Akan Denda Rp50 Ribu Masyarakat yang Tak Pakai Masker

Aisyah Isyana - 20/07/2020 12:35

Beritacenter.COM - Guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19), pemerintah menerapkan protokol kesehatan yang ketat ditengah masyarakat. Seperti halnya yang terjadi di Depok. Masyarkat yang kedapatan tak memakai masker ditempat umum, akan diberikan sanksi denda hingga sanksi sosial oleh Pemkot Depok.

"Mulai Hari Kamis, 23 Juli 2020, akan dilakukan penertiban dan dikenakan sanksi berupa denda Rp 50.000 bagi yang tidak menggunakan masker di tempat umum (kecuali saat sedang makan, berpidato, dan melakukan olah raga untuk memperkuat jantung dan paru-paru)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Baca juga : Solutif! Menteri Edhy Atur Penggunaan Cantrang Berdasarkan Zonasi Hingga Ukuran Jaring

Tak hanya itu, Pemkot Depok juga memberlakukan sanksi sosial bagi para pelanggar protokol kesehatan. Nantinya, masyarkat yang melanggar akan diberi sanksi sosial membersihkan fasiltas umum dengan menggunkan rompi.

"Soal sanksi itu adalah pilihan untuk menegakkan protokol kesehatan untuk kebaikan semua. Sanksi bisa denda administrasi Rp 50 ribu atau sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum," jelas Dadang.

Harapannya, penerapan sanksi denda dan sanksi sosial ini dapat membuat warga lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan, terlebih soal penggunaan masker guna mencegah penularan virus Corona.

"Tujuannya adalah untuk mengingatkan kembali kepada warga untuk cegah penularan COVID-19, bahwa bermasker adalah kebutuhan setiap pribadi, di samping jaga jarak fisik dan cuci tangan," jelas Dadang.

Dadang menambahkan, penerapan sanksi ini akan disosialisasikan hingga tiga hari kedepan, atau Rabu (22/7). Sanksi akan benar-benar diberlakukan mulai Kamis (23/7). "Tiga hari ini lebih ke mengingatkan kembali dalam bentuk sosialisasi. Hari Kamis mulai penindakan. Termasuk 3 hari ini berikan masker kepada mereka yang tidak pakai masker," jelasnya.

Masyarakat Kota Depok diimbau untuk tertib menerapkan protokol kesehatan dan disiplin menggunakan masker saat beraktivitas diluar. Masyarkat juga diimbau untuk tetap berada di rumah, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak (social distancing).

"Masker harus menjadi seperti bagian dari seperangkat pakaian yang kita kenakan setiap hari," tandasnya.




Berita Lainnya

Cuaca Cerah Berawan di Jakarta Hari ini

27/07/2021 06:52 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA