Saturday, 24 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Bantah Pengunduran Diri Dirjen Perikanan Tangkap, KKP: Zulficar Diberhentikan Sejak Senin!

Aisyah Isyana - 16/07/2020 01:50

FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), M. Zulficar Mochtar, dikabarkan mengundurkan diri. Pemberitaannya pun dibuat heboh.

Padahal kebenarannya tidak demikian. Hal ini diungkap KKP melalui keterangan pers nya, Rabu (15/7/2020).

KKP menjelaskan bahwa Zulficar Mochtar telah diberhentikan dari jabatnnya sejak Senin (13/7). Bukan mengundurkan diri seperti yang ramai diberitakan.

Dalam keterangan resminya, KKP menjelaskan alasan diberhentikannya Zulficar dari jabatnnya sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP.

Menurutnya, hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah yang mengatur soal pengisian Jabatan Tinggi Madya tertentu tidak dapat diisi dari kalangan non-PNS.

Peraturan Pemerintah yang dimaksud adalah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil juncto Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, khususnya Pasal 106 bahwa Jabatan Tinggi Utama dan Jabatan Tinggi Madya tertentu tidak dapat diisi dari kalangan non-PNS untuk bidang rahasia negara, pertahanan, keamanan, pengelolaan aparatur negara, kesekretariatan negara, pengelolaan sumber daya alam, dan bidang lain yang ditetapkan Presiden.

Artinya, untuk yang ingin menduduki JPT utama dan JPT madya pada bidang yang dimaksud Pasal 106 ayat (2), harus dari kalangan PNS.

Sedangkan Zulficar sendiri adalah pejabat non pns yang menduduki jabatan Dirjen Perikanan Tangkap KKP.

"Menteri Edhy pada hari yang sama mengusulkan kepada Bapak Presiden untuk pengisian jabatan JPT Madya Direktur Jenderal Perikanan sesuai ketentuan yang berlaku. Tujuannya jelas agar pejabat pengganti segera ada dan menjadi bagian team work KKP melayani stakeholders kelautan dan perikanan, " jelas Karo Humas dan KLN Agung Tri Prasetyo dalam keterangan persnya.




Berita Lainnya

Hina NU, Gus Nur Ceming Saat Ditangkap Polisi

24/10/2020 15:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA