Friday, 14 Aug 2020
Temukan Kami di :
News

Polisi Tangkap Pengedar Hingga Ungkap 1 Hektar Ladang Ganja di Bandung

Aisyah Isyana - 12/07/2020 19:16

Beritacenter.COM - Polisi berhasil mengungka keberadaan ladang ganja diatas lahan perkebunan seluas satu hektare di Bandung, Jawa Barat. Lahan itu berada tepatnya di Bukit Tunggu, Desa Cinajalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Kasatres Narkoba Polres Cimahi AKP Andry Alam membeberkan kronologi pengungkapan ladang ganja tersebut. Andry menyebut pihaknya terpaksa bolak-bailik keluar-masuk area perkebunan melewati hutan dengan jalan yang rusak selama lebih satu minggu.

Baca juga : Pasca Longsor Parapat Sumut, Polisi: Warga Hati-hati, Diatas Roda 4 Belum Diizinkan Melintas

Andry mengatakan, pengungkapan ini bermula saat pihaknya menangkap beberapa pengedar ganja di wilayah Cimahi. Dari situ, polisi melakukan pengembangan dan kembali menangkap pelaku lainnya. Ada empat pelaku yang diamankan, yakni A, M, C, dan D.

"Awalnya kami mengamankan dua orang pelaku pengedar ganja di Cimahi. Lalu kami kembangkan dan didapati dua pelaku lainnya. Dari situ terungkap ada ladang ganja di perkebunan di Kabupaten Bandung," ungkap Andry Alam saat ditemui, Minggu (12/7/2020).

Saat diminta untuk menunjukkan lokasi ladang ganja, pelaku yang dibawa untuk menunjuk arah tak bersikap kooperatif. Alhasil, dia hanya membawa polisi berputar-putar selama beberapa hari.

"Pelaku pertama yang kami amankan ini tidak kooperatif, dia menyasarkan anggota yang mencari lokasi ladang ganja. Kita sampai sempat bermalam di dalam hutan selama beberapa hari karena khawatir pelaku terakhir kabur," jelasnya.

Tak berhenti sampai disitu, pencarian terus dilakukan polisi dan berhasil meringkus pelaku terakhir berinisial YN. Andry menyebut YN berperan sebagai orang yang menanam ganja dan menjaga tanaman ganja diperkebunan tersebut.

"Jadi yang menanam ganja ini pelaku YN. Dia tiap hari jaga di sini, ada gubuk yang sengaja dibuat. Dari para pelaku kami amankan 3 kilogram ganja dan paket ganja kering siap edar," jelasnya.

Pasca pengungkapan ladang ganja ini, polisi langsung memasang garis polisi di perkebunan yang menjadi tempat ditanamnya ganja tersebut. Gubuk tempat pelaku YN menjaga tanaman ganja sepanjang siang dan malam turut dipasangi polisi line.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA