Tuesday, 04 Aug 2020
Temukan Kami di :
Ekonomi

KKP Minta Pengusaha Pengelola Ikan Perhatikan Kemasan agar Dilirik Pasar

Baharuddin Kamal - 10/07/2020 20:20 Gedung KKP.

FOKUS : KKP

Beritacenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meminta kepada para pelaku usaha pengelolah ikan untuk mendesain kemasan produk semenarik mungkin agar tak kalah saing di pasaran.

Selain itu, produk tersebut juga harus memiliki izin edar untuk memastikan aman dikonsumsi masyarakat.

"Kemasan yang menarik, eye catching, kekinian, mudah dibawa, ramah lingkungan dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya menjadi nilai jual dan daya saing bagi produk perikanan," ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo dalam keterangan resmi KKP di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Nirlanto menilai, pelaku usaha cenderung tidak memperhatikan kemasan yang padahal memiliki peran krusial dalam upaya penyerapan produk oleh pasar. Oleh karena itu, KKP tak henti menyampaikan imbauan soal kemasan ini.

“Sudah menjadi tugas pemerintah untuk terus melakukan penyadaran, sosialisasi, pembinaan dan bimbingan kepada pelaku usaha terutama skala usaha mikro kecil terkait pentingnya kemasan, sertifikasi, dan izin edar,” ujarnya.

Baru-baru ini Nilanto menyampaikan imbauan tersebut kepada sekitar 3.000 peserta webinar yang terdiri dari pelaku usaha perikanan, asosiasi, perguruan tinggi, penyuluh perikanan, masyarakat umum, dan instansi pemerintah.

Dalam keterangannya, dia meminta proses pemilihan bahan baku, penyimpanan, pengolahan, bahan tambahan yang digunakan, tempat berproduksi/mengolah, kemasan, izin edar, sesuai dengan standar quality dan food safety.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA