Saturday, 15 Aug 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Tak Disangka ! Ternyata Sering Pijat Payudara Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Baharuddin Kamal - 10/07/2020 02:59 Ilustrasi.

FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Payudara merupakan bagian tubuh yang penting dan rentan terhadap penyakit terutama perempuan. Sehingga, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan payudara.

Selain dari asupan nutrisi, ada hal yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan payudara, yaitu pijat payudara. Berikut manfaat dari pijat payudara yang dilansir dari Healthline, Jumat (10/7)

1. Meningkatkan ASI

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pijat payudara memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui. Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa pijat payudara sangat meningkatkan kualitas ASI ketika dilakukan pada tahun pertama setelah melahirkan.

Manfaat terbanyak terlihat antara hari pertama dan 11 bulan pascapersalinan. Pijat juga dapat membantu meningkatkan aliran susu.

Sebuah studi lama pada tahun 1994 menunjukkan bahwa kombinasi menyusui dan memijat berfungsi untuk mengosongkan saluran susu dan mendorong produksi lebih banyak susu. Pijat juga dapat membantu mencegah dan mengobati masalah seperti pembengkakan, saluran susu yang tersumbat, mastitis, infeksi jaringan payudara.

2. Identifikasi Dini Kanker Payudara

Pemeriksaan payudara sendiri dan pijat adalah cara untuk mengidentifikasi kanker payudara pada tahap paling awal. Menurut sebuah laporan 2011, sekitar 25 persen perempuan akhirnya mendeteksi kanker payudara mereka melalui pemeriksaan sendiri. Sebanyak 18 persen lainnya menemukan kanker secara tidak sengaja.

3. Memperbaiki Penampilan Payudara

Beberapa orang mencoba memijat payudara sebagai cara untuk memperbaiki penampilan payudara yang kendor. Alasannya, karena dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara melalui pijatan.

Anda dapat menggunakan minyak tertentu, seperti minyak zaitun dalam upaya membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

4. Sistem Limfatik

Jaringan payudara Anda memanjang sampai ke area di bawah ketiak Anda. Ada banyak kelenjar getah bening di bagian tubuh ini, dan memijatnya dapat membantu merangsang sistem limfatik Anda. Sistem limfatik bertanggung jawab untuk membantu tubuh mengeluarkan racun.

5. Otot yang Sakit

Jika Anda merasa sakit, pijat payudara juga dapat membantu meredakan ketegangan di otot dada. Biasanya nyeri otot dada dipengaruhi dari kegiatan atau olahraga yang dapat menegangkan otot-otot.

Pijatan di dada bisa membuat relaksasi lebih lama daripada memijat punggung saja. Bahkan, jika Anda hanya memijat punggung Anda, otak masih akan merasakan ketegangan. Akibatnya, otak dapat mengirim ketegangan kembali ke punggung untuk menyeimbangkan kembali kekuatan di dua area tubuh Anda.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA