Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Tolak Kebijakan Ekspor Lobster, Rohkmin Danuri : Susi Gagal Kelola Sektor Perikanan

Indah Pratiwi Budi - 09/07/2020 10:21

FOKUS : KKP

Beritacenter.COM - Belum lama ini Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti, memberikan kritikan yang cukup liar kepada Menteri KKP saat ini Edhy Prabowo terkait Permen KP No. 12/2020.

Selintas pendapat Susi cenderung meyakinkan. Ada spirit nasionalisme dan keberpihakan akan interes rakyat dan bangsa. Tetapi sejauh mana tilikan itu mempunyai justifikasi empiris? Persis disitulah pendapat Susi patut digugat!

Tetapi Susi lupa daratan bahwa dirinya juga gagal mengelola sektor perikanan di Indonesia. Hal tersebut mendapatkan sorotan dari Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Periode 2001-2004 Rohkmin Danuri menilai, selama 5 tahun terakhir, sektor perikanan tidak banyak mengalami kemajuan karena kebijakan Menteri KKP saat ini, yaitu Susi Pudjiastuti dinilai tak memberikan dampak yang positif bagi perekonomian.

Kinerja Susi pun mendapat sorotan karena sumbangsih perekonomian dari sektor ini tercatat mengalami penurunan.

“Kita bisa sesalkan 5 tahun kemarin aspek ekonomi dibunuh oleh Ibu Susi. Aqua culture itu enggak dilirik,” ucap Rokhmin kepada reporter Tirto saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta.

Menurut Rokhmin, masalah ini terlihat dari bagaimana penanganan Susi yang lebih peduli meledakkan kapal ketimbang mendorong nelayan lokal untuk bersaing dengan nelayan asing.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA