Monday, 10 Aug 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Rasakan Manfaat Mandi Air Hangat di Pagi Hari untuk Kesehatan

Dewi Sari - 06/07/2020 07:30

Beritacenter.COM - Memulai aktivitas dengan mandi menggunakan air hangat di pagi hari dapat mempengaruhi aktivitas kita sehari - hari. Selain menyegarkan, mandi dengan menggunakan air panas memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Banyak para peneliti di luar negeri yang menyebutkan manfaat mandi menggunakan air panas dapat meningkatkan kesehatan pada jantung kita. Dilansi dari situs News Today, berikut 3 manfaat mandi dengan menggunakan air panas di pagi hari.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh. Hal ini dampk berdampak positif terutama bagi orang yang memiliki riwayat jantung kronis. Sebab, mandi air hangat dapat membesarkan pembuluh darah secara alami ketika terkena suhu tinggi.

Tak hanya itu, terdapat studi yang menyebutkan mandi dengan cara berendam dengan air hangat dapat meregangkan kekakuan pembuluh darah arteri dalam tubuh. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah, yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

2. Meningkatkan kesehatan otot dan persendian

Tak hanya berdampak pada kesehatan jantung, aliran darah yang meningkat ketika mandi dengan air hangat juga dapat membantu melemaskan sendi dan otot yang kaku.

Sebuah studi menemukan air hangat dapat mengurangi rasa sakit pada orang yang mengalami osteoartritis. Osteoartritis merupakan kondisi nyeri sendi akibat inflamasi atau peradangan ringan.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Terdapat studi yang menyebutkan mandi dengan air hangat dapat menstimulasi otak untuk menimbulkan brain derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah protein yang memiliki banyak fungsi untuk otak. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu dan mengingat.

Studi ini melibatkan delapan pria yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mandi air panas 42 derajat celcius selama 20 menit. Sedangkan kelompok kedua mandi air hangat 35 derajat celcius dengan waktu yang sama.

Dari studi ini ditemukan bahwa keduanya dapat menimbulkan BDNF pada otak. Tetapi, kelompok mandi dengan air panas diketahui memiliki tingkat BDNF yang jauh lebih tinggi.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA