Tuesday, 14 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Alhamdulillah! Arab Saudi Putuskan Ibadah Haji 2020 Tetap Diadakan

Lukman Salasi - 23/06/2020 16:06

BeritaCenter.COM – Pemerintah Arab Saudi memutuskan tetap akan mengadakan Ibadah Haji 1441 H/2020 M. Namun, ibadah haji akan digelar dengan jumlah jamaah terbatas.

"Sudah diputuskan haji tahun ini (1441 H/2020 M) dilakukan dengan jumlah jamaah sangat terbatas dari berbagai negara yang sudah berdomisili (reside) di Arab Saudi. Keputusan ini diambil untuk menjamin haji dilaksanakan dengan aman dari aspek kesehatan masyarakat sambil tetap melakukan berbagai tindak pencegahan. Termasuk jaga jarak untuk melindungi tiap orang dari risiko yang berkaitan dengan pandemi dan sesuai ajaran Islam yang mengutamakan keselamatan," begitu bunyi pernyataan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang juga diupload di Twitter @HaramainInfo.

Dilansir dari AFP, Selasa (23/6/2020) Arab Saudi akan membatasi jumlah jamaah haji 2020. Protokol kesehatan juga akan diterapkan selama ibadah haji 2020 untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau virus corona.

"Diputuskan untuk mengadakan ziarah tahun ini dengan jumlah yang sangat terbatas ... dengan kebangsaan yang berbeda di kerajaan itu," tulis kantor resmi Saudi Press Agency.

Pemerintan Arab Saudi menegaskan selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan tiap muslim yang menunaikan ibadah haji 2020 dan umrah. Prioritas inilah yang menyebabkan Saudi berhati-hati dalam mengambil keputusan saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Prioritas ini jugalah yang menyebabkan pelaksanaan umroh ditunda hingga situasi menjadi lebih baik.

Di akhir statemen, pemerintah Saudi meminta Allah SWT selalu melindungi semua negara dari pandemi COVID-19 yang belum diketahui kapan berkakhirnya. Termasuk perlindungan dan keselamatan tiap orang di seluruh dunia.




Berita Lainnya

Ekspor Benur Ciptakan Banyak Lapangan Kerja

13/07/2020 15:20 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA