Tuesday, 14 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemerintah Gelontorkan BOS Untuk Sekolah Swasta

Indah Pratiwi - 22/06/2020 23:25

Beritacenter.COM - Disaat pandemi Covid-19 dunia pendidikan juga terdampak sehingga pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp3,2 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan, ada alokasi BOS Afirmasi untuk daerah 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar), kini ada tambahan daerah terdampak Covid-19.

Dalam hal ini dana BOS Kinerja yang semula hanya untuk sekolah negeri, kini juga bisa dialokasikan untuk sekolah swasta berprestasi yang telah mengharumkan dunia pendidikan Indonesia.

"Untuk pertama kalinya sekolah swasta yang membutuhkan bantuan dapat BOS Afirmasi dan BOS Kinerja. Penggunaannya sama dengan BOS Reguler, maksimum flexibility. Perubahannya tadinya BOS Kinerja hanya untuk negeri, sekarang juga swasta. Alokasi dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja ini mencapai Rp3,2 triliun untuk 56.115 sekolah," kata Nadiem saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi X DPR, Senin (22/6/2020).

"Ini ada perubahan cukup dramatis. Kami meningkatkan fleksibilitas penggunaan BOS reguler, bisa untuk kuota data untuk Pembelajaran Jarak Jauh dan lainnya," tambahnya.

Nadiem akui telah banyak menerima keluhan dari masyarakat bahwa banyak sekolah dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang terpukul lantaran pendapatan mereka berasal dari iuran peserta didik.

"Kalau PTN sudah dibiayai dari negara, kebanyakan dosennya juga PNS, tapi banyak perguruan tinggi swasta yang sekarang mengalami dampak ekonomi seperti perusahaan swasta. Kami di Kemendikbud juga harus ada bantuan dana kepada PTS, terutama untuk mahasiswa," urainya.

 



Berita Lainnya

Ekspor Benur Ciptakan Banyak Lapangan Kerja

13/07/2020 15:20 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA